Monday, July 5, 2010

7 Teknik Mengobati Gagap

,






Gagap adalah salah satu gangguan berbicara yang bisa menghambat seseorang untuk berkomunikasi dengan yang lainnya. Namun ada beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan bicara ini.

Sulit bagi orang lain untuk memahami gangguan ini, dan bagi orang yang memilikinya dibutuhkan kesabaran serta usaha yang lebih agar bisa menghentikan gagap. Tapi bukan berarti kondisi ini tidak bisa disembuhkan atau diobati.

Sebagian besar orang yang mengalami gagap akibat kurangnya kepercayaan diri, harga diri yang rendah, cemas, takut atau merasa tidak nyaman.

Gagap bisa menjadi masalah yang menyebabkan hambatan dalam kehidupan sehari-hari. Pada akhirnya bisa menyebabkan orang tersebut menghindari tugas-tugas yang membutuhkan kontak sosial, sehingga seringkali menimbulkan perilaku anti sosial dan memperburuk kondisinya.

Seperti dikutip dari Buzzle, Senin (5/7/2010) ada 7 teknik yang bisa dilakukan untuk membantu seseorang menghentikan gangguan bicara gagap, yaitu:

1. Mengidentifikasi penyebabnya
Meskipun terkadang sulit menentukan penyebab pastinya, tapi dengan mengidentifikasi pola yang mendasarinya bisa membantu seseorang mengatasi gangguan ini. Untuk mengatasinya cobalah berlatih artikulasi kata saat sedang sendiri dengan menggunakan bantuan cermin.

2. Berbicara pelan-pelan
Teknik ini adalah salah satu metode yang dipraktekkan untuk menghentikan gagap. Dengan berbicara pelan-pelan akan membantu seseorang membentuk kata-kata dalam pikirannya, sehingga bisa mengurangi stres dan dapat mengucapkan kata dengan benar.

Jika praktek ini sering dilakukan, maka lama kelamaan frekuensi gagap akan semakin menurun dan bisa berbicara lebih lancar dan cepat.

3. Menyanyikan kata-kata
Meski belum ada alasan yang bisa diidentifikasi, kebanyakan orang yang gagap tidak menghadapi masalah tersebut saat sedang bernyanyi. Karenanya metode bernyanyi bisa digunakan untuk membantu menghentikan gagap.

Cobalah untuk berbicara dengan cara menyanyi, menambahkan beberapa irama pidato memungkinkan orang untuk berkonsentrasi dan menjaga kata-kata yang akan diucapkannya.

4. Bernapas dalam-dalam
Jika pemicu gagap adalah stres, maka bernapas dalam-dalam bisa membantu mengurangi stres. Latihan pernapasan bisa membantu menenangkan dan mengurangi tekanan, serta pernapasan yang benar dapat memberi waktu jeda antara kata-kata.

5. Membaca dengan suara keras
Latihan membaca dengan suara keras saat sedang sendiri bisa membantu mengatasi gagap. Latihan ini secara tidak sadar dapat memberikan seseorang waktu untuk berkonsentrasi pada pengucapannya.

Latihan ini juga memberikan nilai tambahan dengan membantu meningkatkan kosa kata, sehingga memberikan kemampuan untuk mengganti kata-kata yang sulit menjadi lebih sederhana.

6. Berpikirlah positif
Pemikiran ini merupakan salah satu hal yang penting, karena dengan berpikiran positif bisa memberikan keberanian dalam mengatasi kesulitan berbicara dan membantu mencapai tujuan. Hal lain yang penting untuk diingat adalah banyak orang yang bisa bebas dari masalah gagap.

7. Datangi terapis jika tak mampu mengatasi sendiri
Jika tidak mampu mengatasinya sendiri, cobalah untuk mencari bantuan profesional. Terapis akan memberikan program-program yang harus dilalui untuk menghentikan gagap.

Berusaha untuk menghentikan gagap bukanlah satu hal yang bisa sukses dalam waktu satu malam saja. Karenanya dibutuhkan kesabaran dan konsisten untuk melihat peningkatan atau kemajuan yang ada. 


source: http://id.pricearea.com/story/story.php?title=detikhealth-7-teknik-mengatasi-gagap

8 komentar to “7 Teknik Mengobati Gagap”

  • July 12, 2011 at 7:42 PM
    rohman says:

    maksih om............

  • March 3, 2012 at 4:23 AM
    Arif Irawan says:

    makasih infonya

  • August 6, 2012 at 5:26 AM
    Anonymous says:

    makasih info nya semoga semua orang gagap ga ada lagi y.....
    aminnnnnn

  • August 8, 2012 at 10:27 AM
    Anonymous says:

    kbtulan gw org ny gagab kl berbicara,terlebih klw di depan umum,,mksh infonyaa

  • September 7, 2012 at 4:20 AM
    lio says:

    makasih

  • September 9, 2012 at 12:54 AM
    wawan setiawan says:

    mas saya susah bangat mengucapkan hurup T dan p didepan umum bagaimana caranya.







  • September 25, 2012 at 5:11 AM
    Anonymous says:

    Saya juga pnderita gagap, bahkan napas bsa terengah-engah saat brbicara.
    Didalam membaca sebuah kalimat saya susah mengucapkannya kalau kalimat trsebut didahului huruf "K" dan "T"
    bgaimana cara mengatasinya...

  • September 25, 2012 at 11:43 AM

    Masalahku cuma 1, tidak bisa bergaul, jd saya selalu mengurung sendiri di rumah, kalaupun bergaul saya selalu diaaaaam terus, tidak bisa basa-basi, bagaimana cara mengatasi ini ya om??? tolong kalau bisa jawaban dikirim ke emailku di bamzwjn@gmail.com terimakasih...

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger