Saturday, June 26, 2010

Menguak Rahasia Aura Mistis Biola Stradivarius

,


 
Hingga kini, bunyi biola karya Antonio Stradivarius (murid dari Antonio Amati ) masih tidak terkalahkan dengan bunyi biola buatan siapapun. Bahkan untuk satu biola asli buatan Stradivarius dihargai lebih dari 3 milyar rupiah !!!
Aura melodius biola ini, konon tidak ada yang sanggup menyamainya dan bahkan tidak ada satu orangpun yang mengetahui cara pembuatannya, karena sang pembuat biola ini , ANTONIO STRADIVARI dari Cremona Italia yang hidup tahun yang dilahirkan tahun 1644, ini telah membakar habis semua dokumen-dokumen tentang cara-cara dan ramuan biolanya itu sebelum akhirnya dia meninggal dunia pada tanggal 18 Desember 1737 di tanah kelahirannya, Cremona-Italia !!! Dari sekitar 1.100 instrumen musik karyanya, hanya 650 saja yang masih ada hingga saat ini.
Ada apa gerangan???

Rasa penasaran orang (khususnya di dunia seni) tentang kedahsyatan biola Stradivarius ini menggerakkan minat para peneliti dari Lab A & M University di Texas. Dipimpin oleh seorang pakar obat-obatan Yusuf Nagyvari, meneliti mulai dari kayu yang dijadikan bahan membuat biola. Dan berdasarkan penelitiannya, berhasil terkuak, bahwa sepertinya Antonio Stradivari merendam kayu tersebut, diapungkan di air yang mengalir dalam jangka waktu yang lama, bahkan sampai bertahun-tahun lamanya.
Setelah itu, penelitian mereka merilis bahwa setelah itu kayu dicelupkan ke dalam air mendidih rebusan dengan kulit udang, dan juga yang paling unik adalah kayu ini juga dicelupkan ke dalam air seni (kencing) manusia. Setelah itu baru dipernis dengan lapisan yang sangat tipis..

Namun, anehnya .... biola yang dihasilkan Yusuf Nagyvari masih kalah jauh dengan Stradivarius. Bahkan dalam wawancara langsung dengan Nagyvari (www.scientificamerican.com), beliau mengatakan beberapa keistimewaan biola buatan Stradivari adalah pada nadanya yang sangat murni, sangat hidup, ada semacam aura luar biasa. Hasil risetnya menyebut emisi suara yang dihasilkan berada dalam rentang frekuensi yang dangat pas dan tepat, adalah 2000-4000 Hertz.

Hal yang sama juga diakui oleh seorang ilmuwan Belanda, Berend Stoel dari Universitas Leiden, bahwa kecanggihan biola ini terletak dari proses penggunakan badan depan dan belakang menggunakan kayu yang tidak biasanya (lazim) untuk membuat biola yaitu cemara. Tetapi Cremonesse Antonio Stradivari punya feeling yang lebih pintar dalam memilih kayu yang digunakan.
Apakah unsur alami kayu (woodroom) Italia Utara, Cremona-lah yang mempengaruhi biola buatan Stradivarius (seperti pendapat kebanyakan orang ), atau memang larutan kimia yang digunakan ? , atau adakah sesuatu yang "lain" yang digunakan Antonio dalam memproses biolanya ? Atau apakah hanya karena kharismatik benda bersejarah saja yang membuat anggapan orang begitu luar biasanya suara biola Stradivarius.

Apakah proses ini terjadi secara "kebetulan" saja, atau memang sudah diperhitungkan masak-masak ?.
Terlepas dari itu semua , Antonio yang disebut-sebut sebagai seorang murid Nicolo Amati yang cerdas, bahkan para periset biola mengatakan Antonio bisa jadi ahli dalam ilmu geometri yang sangat canggih di zamannya, sudah membuktikan sebuah karya seni yang penuh mistery hingga kini. 

source: http://gtech-radioscripts.blogspot.com/2010/06/menguak-rahasia-aura-mistis-biola.html

0 komentar to “Menguak Rahasia Aura Mistis Biola Stradivarius”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger