Sunday, May 2, 2010

Tips Cara Ampuh Mencegah Dan Menurunkan Kolesterol

,



Apakah Anda termasuk seseorang yang sangat takut memiliki kandungan  kolesterol dan lemak yang tinggi dalam tubuh Anda? Jangan takut dengan kolesterol dan lemak yang tinggi, karena setiap penyakit itu tentu ada obatnya. Dan penyakit pun sebenarnya dapat kita cegah selama kita mau berusaha. Sebagaimana kita ketahui, akhir-akhir ini kandungan kolesterol dan lemak dalam tubuh membuat kebanyakan orang menjadi mengkhawatirkannya, terutama kehawatiran akan serangan penyakit jantung.

Pengertian kolesterol menurut Wikipedia Indonesia adalah metabolit (sebuah produk hasil dari metabolisme tubuh) yang mengandung lemak sterol (dalam Bahasa Inggris : waxy steroid) yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Atau dalam pengertian lainnya adalah sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon. Steroid lain termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dan testosteron. Nyatanya, semua hormon steroid terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol.

Dan sebagaimana kita ketahui, penyakit jantung koroner merupakan penyebab utama kematian prematur hampir di seluruh dunia. Penyebab penyakit ini pada umumnya disebabkan oleh perbuatan serta pola hidup manusia itu sendiri. Apabila arteri-arteri penting yang menuju ke jantung menjadi tersumbat oleh timbunan-timbunan lemak cholesterol, maka penyumbatan itu akan menyebabkan penyakit jantung. Dan kita beruntung, perubahan-perubahan sederhana dalam kebiasaan makan bisa mengurangi resiko penyakit jantung.

Beberapa strategi yang sebaiknya Anda perhatikan apabila Anda ingin terbebas dari tingkat kolesterol dan lemak yang tinggi serta atas serangan jantung koroner, antara lain :


  1. Gantilah susu cair biasa dengan skim atau susu yang memiliki kandungan lemak yang rendah.
  2. Kurangi mengkonsumsi daging dan telur. Satu petunjuk praktis yang baik adalah tidak mengkonsumsi lebih dari 3 sampai 5 ons daging dan 5 atau 7 porsi per minggu dan tiga kuning telur per minggu (kecuali jika ada petunjuk khusus dari dokter)
  3. Gunakanlah satu kuning telur yang diperlukan dalam satu resep masakan.
  4. Hilangkan semua lemak yang dapat dilihat dari daging sebelum dimakan. Buang kulitnya jika Anda memasaka daging unggas.
  5. Bakarlah atau panggang daging, seperti daging unggas atau ayam. Usahakan Anda jangan menggorengnya.
  6. Dinginkan sup yang terbuat dari bahan daging atau daging unggas, lalu hilangkan lemaknya sebelum dipanasi kembali dan dihidangkan.
  7. Rebuslah makanan-makanan seperti ikan atau telur dan jangan menumisnya dengan mentega.
  8. Untuk mengurangi kebutuhan minyak dalam memasak, gunakan semprotan masak sayur dan / atau fan yang memiliki permukaan non-stick.
  9. Gunakanlah minyak nabati cair sebagai pengganti lemak padat dan ganti mentega dengan margarine.
  10. Batasilah penggunaan minyak atau krim dalam kuah pada salad Anda.
  11. Gunakanlah minyak zaitun atau minyak conola. Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa jenis minyak tersebut bisa melindungi terhadap penyakit jantung.
  12. Bakarlah, kukus atau goring sayuran dengan minyak sedikit saja. Jangan menggoreng sayuran dengan minyak yang banyak atau mengolesinya dengan mentega yang banyak.

Jika Anda mampu berusaha untuk mencegah serta bersabar untuk menghindari pola makan yang tidak sehat atau mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol dan lemak yang tinggi. Maka saya yakin semua permasalahan Anda tentang kolesterol tentunya dapat diatasi. Best Tips Tricks Collection selalu mengharapkan Anda untuk selalu disiplin dalam pola makan yang sehat.

source: http://best-tips-tricks-collection.blogspot.com/2010/05/tips-cara-ampuh-mencegah-serta.html

1 komentar:

  • November 10, 2010 at 6:37 PM
    nanda says:

    makassih ya artikelnya

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger