Wednesday, May 26, 2010

Kisah-kisah Mistis di Seputaran Kampus UGM

,


Siapa yang tidak tahu UGM? Salah satu universitas ternama di Indonesia, hanya sekian orang yang beruntung dapat kuliah di sana.
Dibalik hiruk pikuknya mahasiswa yang menuntut ilmu di sini, ada banyak cerita mistis yang beredar. Boleh percaya boleh tidak, kenyatanya saya belum menemukan bukti otentik dari cerita2 yang beredar itu. Yang jelas saya sendiri orang yang selalu positive thinking dan sama sekali belum pernah dan tidak akan pernah mau mengalami hal mistis di kampus UGM. Tapi untuk refreshing dan menambah wawasan bolehlah kita bahas beberapa kisah-kisah hantu di UGM. Wilayah UGM sendiri dulunya (dan sampai sekarang) adalah tanah milik kraton. Katanya dulunya sih tempat itu hutan2 terbukti dari banyaknya pohon gede dan tua di sana. Seperti di deket fak. kehutanan (emang kayak hutan di sana ) dan di utara rektorat. 

Satu tempat lagi yang angker adalah Masjid Kampus UGM! Bagi yang belum tahu dulunya sebelum dibangun masjid, tanah MASKAM itu adalah bukit kuburan cina, menyeramkan bukan. Tapi mungkin karena banyaknya aktivitas agama di tempat itu, aroma mistisnya tidak terasa lagi, Hantu koko cina mungkin juga takut kali dibacain Al-Qur’an hehe.

Untuk memuaskan penasaran anda saya sudah kumpulkan bebrapa kisah dan cerita hantu di seputar UGM. Silahkan menikmati hati-hati awasi yang ada di belakang anda!!

Hantu jembatan fakultas pertanian
Ada yang cerita soal jembatan penghubung antara Fakultas Kedokteran Hewan gedung lama sama Fakultas Pertanian, katanya sih di situ sering ada penampakan sosok hantu mbak-mbak kalau malem. biasanya yang lihat tu yang jalan menuju jalan kaliurang (jadi melintang lewat bawah tu jembatan). Tapi sering tidak keliatan mungkin karena daerahnya selalu ramai motor plus mobil karena jalan2 di kampus UGM juga jalan umum, bahkan kadang jadi akses utama masuk kampus, jadi mbak-mbaknya jarang menampakkan diri.
Hantu Kepala melayang dan kuntilanak di Geografi
Penampakan ini dialami oleh Bayu mantan warga Jamaah Musholla Geografi (JMG) yang saat kuliah sering menginap di kampus di malam hari dia sering melihat penampakan kuntilanak dan kepala perempuan melayang di sekitar kampus fakultas geografi. Tapi di daerah sekitar situ, perempatan jalan kaliurang deket magister manajemen, hutan kampus, dan selokan mataram memang dilaporkan sering terlihat penampakan sesosok putih seperti kuntilanak yang melayang di udara.

Hantu Mbak Yayuk ”mahasiswi abadi” fakultas ekonomi
Menurut cerita hantu yang disebut Mbak Yayuk ini pernah ketangkep di CCTV malem-malem. Katanya Mbak Yayuk ini sebenarnya “mahasiswa abadi”, mungkin dia lagi mau ngurus skripsi. karena menurut cerita, dia dulu ditolak skripsinya terus bunuh diri, main lompat begitu saja. sekarang ini hantunya masih eksis, cuma dia pindah ke gedung M.Si nya. Masih di kompleks FE juga sih, cuma untuk post-graduate nya. mungkin dia udah lulus sekarang dan melanjutkan studi. tapi usut punya usut Mbak Yayuk ini sekarang lebih sering menghantui wilayah FIB. Why??

Hantu di Swaragama
Ada juga cerita dari gedung-gedung tua di selatan, depan kopma, perpustakaan unit dua juga di sana, terdiri dari tiga lantai. lantai pertama digunakan untuk data, administrasi, mushola, dan cybernet. lantai kedua murni untuk buku-buku perpustakaan. nah lantai tiga officially hanya untuk operasional radio universitas; Swaragama.

Menurut kabar dari penyiar-penyiar lama; saat mereka bekerja sendiri atau sedang piket malam, kadang-kadang mendengar atau merasakan aktifitas lain di lantai tiga. jadi seolah-olah lantai itu juga ada yang menggunakan untuk keperluan akademik atau perpustakaan. padahal kalau malam kan tidak ada pelayanan semacam itu untuk mahasiswa, karena perpustakaan akan ditutup pada jam 4 sore.
Ini ada cerita dari mantan penyiar swaragama

” Konfirmasi Kaskuser yang juga Crew Swaragama: “Gan…kebetulan saya adalah crew Radio Swaragama yang pernah ber kantor di lantai 3 gedung UPT unit 2, memang kalo agan2 naik dr lantai 2 ke lantai 3 rasanya agak “beda”, apalagi selepas jam 8 malam (UPT tutup jam 8 malam), disitu yg paling “rame” gan! sering terdengar suara kursi diseret dan “aktifitas2″ yang lain terutama di ruang baca! Serem deh gan…para penyiar otomatis melewati daerah itu, karena studio ada di lantai 4 dan operasional siaran 24 jam! silahkan kapan2 agan uji nyali di tempat itu…dijamin ngacir gan!! hehehe…tapi untungnya sekarang dah pindah kantornya…
NB : Pernah temen saya foto di tangga menuju lt.3, hasilnya gan…ada mbak kunti ikutan foto di belakang temen saya!! sayang…fotonya udah dihapus karena menyeramkan”

Hantu gedung MIPA selatan
Lagi-lagi cerita dari kaskuser UGM di tempat yang tidak jauh dari lokasi cerita sebelumnya, ada kisah dari seorang mahasiswa, kejadiannya pas siang-siang di WC milan (mipa selatan) yang arsitekturnya terlihat seram seperti wc jaman belanda (karena memang gedung lama), maret 2009 pas uts mahasiswa itu kebelet dan memutuskan untuk ke wc. Pas di wc biasa-biasa saja, lantas ada bunyi keran terbuka dan suara orang mandi di bilik sebelahnya, setelah selesai ’urusannya’ mahasiswa itu menengok ke bilik sebelahnya, ternyata kosong tapi keran di wc itu terbuka semua dan dia hanya sendirian di wc itu. Ketakutan langsung lari mahasiswa itu nglanjutin uts.

Hantu Bapak Tua di Balairung UGM
Cerita dari Chuwmie di blognya. Cerita bermula pada malam hari jam 10an 2 anak cowok dari geofisika ugm ngenet di rektorat buat ngerjain tugas. Waktu sedang ngerjain tugas, tiba-tiba datang seorang bapak tua yang langsung duduk bersama mereka.

Ketika salah satu dari 2 anak itu akan mengambil polpen yang jatuh di lantai ia kaget kok kakinya hanya 2 pasang padahal di situ ada 3 orang, terus dia liat kaki bapak itu ternyata ngambang. ASTAGHFIRULLAH katanay dalam hati plus takut . dia akhirnya mutusin pulang sambil pura-pura baca HP disuruh pulang karena sudah malam, dan temannya ditinggal bersama bapak itu.

Merasa tidak enak dengan temannya yang ditinggal bersama bapak itu. Ia lalu sms ke temannya yang ditinggal supaya melakukan hal yang sama seperti dia dengan menjatuhkan pulpen dan melihat ke bawah. Anak itu langsung kaget saat tahu kaki bapak itu ngambang. Mencoba tenang dan tetap terlihat sopan di depan bapak itu, anak itu pamit kepada bapak, di bilang, ”udah malam pak saya permisi dulu”.

Terus bapaknya bilang gini, ” UDAH MALAM apa masnya UDAH TAHU..”
Anak itu langsung kabur tanpa melihat ke belakang saking takutnya. sampai belum dapat diketahui asal usul dari bapak tua tersebut. Mungkin mantan pegawai gedung rektorat atau apa, saya tidak mau berspekulasi, ntar diprotes bapaknya lagi.

Hantu Mayat Bahan Praktek di Kedokteran
Di fakultas kedokteran umum saat mau ujian praktek, mahasiswa-mahasiswa pada belajar di kampus kebetulan pas bagian ujian anatomi tubuh manusia.

Saat mereka sedang belajar, tiba-tiba datang bapak-bapak berusia sekitar 30an
Kemudian terjadi perbincangan antara anak2 dan bapak itu
Bapak2 : lagi pada belajar buat ujian praktek besok ya?? (kok tau ya?)
anak2 : iya ni pak (jawabnya sambil acuh,soalnya lagi pada serius belajar)
bapak2 : mau saya kasih tau nggak soalnya yang keluar apa??
anak2 : bapak bercanda aja nih
bapak2 : saya serius,soalnya saya yang ngetik soal ujiannya, kalo nggak percaya nggakpapa,tapi lumayan kan buat baca2
1 dari anak2 : yaudah sini deh nggakpapa pak,buat belajar2

Akhirnya dikasih tuh sama bapak-bapaknya, terus langsung pergi aja bapak2nya tanpa pamit. Nah…pas besoknya, beneran tuh!soal yang dikasih bapak2 itu 100% sama persis sama soal ujian prakteknya.anak2 langsung kesenengan aja tuh.

eh tapi tiba-tiba, pas ujian praktek langsungnya. Mayat yang jadi bahan prakteknya itu si bapak2 yang kemaren ngasih soal2 praktek itu . sontak,anak-anak pada ketakutan!yang anak-anak ceweknya ada yang nangis2.

Mungkin ini hanya sebagian kecil cerita rakyat mahasiswa UGM. 

source: http://argakencana.blogspot.com/2010/04/cerita-hantu-di-kampus-ugm.html

5 komentar to “Kisah-kisah Mistis di Seputaran Kampus UGM”

  • August 3, 2010 at 6:10 AM
    hamba allah says:

    assalamualaikum
    psn sya agar setiap mlm jmat diadakan doa bersama atau istigosha insya allah makhluk itu tidak gnggu lagi dan jngan skali kali mesum di daerah fakultas itu ok!!!!!!!!!!!!!!

  • August 3, 2010 at 6:12 AM
    hamba allah says:

    makasih semoga lancar dan lulus 100%

  • August 3, 2010 at 8:40 PM
    penny says:

    ,,,wah lak og ngeri banged ew ????????

    ,tak ku sangka ugm angker...

    . YA ALLAH lindungilah hamba,,,
    amin,,

    ,wedi aku,,,hxhxhxhxhx

  • January 8, 2011 at 3:57 AM
    Anonymous says:

    kebetulan kampus aku d fib.
    sekedar share az y, klo d tmpt aku emang ada "mbak-mbak" jg g tau dia itu mbak yayuk apa g. cuma katana dia klo diundang pke lagu bubui bulan dia bakal dateng. trus dia katana mati gara2 terjun dari tower air yg ada di depan perpus fakultas. skr dia tempatna d kamar mandi paling selatan kadang temen2 yg nginep di kampus atau d sekber sering di hantui bahkan dimasuki jg.

  • March 26, 2012 at 8:18 PM
    Anonymous says:

    SEMUA TEMPAT EMANG ADA JIN, SETAN, HANTU, DLL.

    JADI GK USA HERAN LAH, KYK BOCAH AJA

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger