Friday, April 23, 2010

Jianzhi, Seni Menggunting Kertas Dari China

,

Bagaimana Cara melakukan perayaan tahun baru imlek dengan biaya murah meriah. dapat dilakukan disekolah, dengan biaya murah dan dapat memahami tradisi dan budaya.

Saya akan membahas suatu seni yang terlupakan dalam Budaya Tionghoa. Di Jepang ada yang namanya origami, yaitu seni perhiasan dari kertas.Di Tiongkok ada seni perhiasan kertas yang dinamakan jian zhi.



asal mula Jian zhi berasal dari era penemuan kertas oleh Chai Lun. Jian zhi ini pada awalnya digunakan dalam seni mengunting kertas dalam imlek, seketika dengan tradisi gunting kertas dimulai dengan keindahannya maka sering sekali disebut "chuāng huā" (窗花)" yang artinya karangan Bunga untuk jendela,
Jian Zhi diperkenalkan pada dinasti Han, yang dilakukan oleh sekolompok masyarakat tionghoa untuk menghias rumahnya.



Pada jaman Dinasti song, terdapat orang Tepelajar (jaman sekarang Sarjana) bernama Chou mi.Menyempurnakan Jian zhi ini dengan mengunakan pisau siletm dengan mengambar huruf Mandarin, Bunga dan Cerita, wajah manusia. Dan seni ini sudah ada dalam sejak jaman 6 Ad dan ditemukan di Xin jiang China.



Pada tahun ke 7 sampai 13 AD, seni mengunting kertas sangat popular terutama untuk perayaan festival Tradisi tiongkok. Kesenian ini menyebar keseluruh dunia pada tahun 14 Ad. Pada jaman dinasti Ching seni mengunting kertas berkembang dengan mengunakan kertas berwarna, sehingga memiliki banyak variatif dan warna yang indah, Pada akhir jaman dinastiqing, Pemerintah RRC mendirikan sekolah kesenian mengunting kertas pada tahun 1980. Pada tahun era modern ini seni mengunting

kertas tak hanya sekedar mengunting, tapi juga melukis didalam sebuah kertas yang telah di gunting, atau sudah menjadi seni.


Dalam beberapa bagian propinsi Tiongkok Seni mengunting kertas adalah aktivitas kesenian wanita tradisional. Di masa lampau, setiap gadis mengharap mampu menguasai seni mengunting kertas ini dan untuk memperlihatkan kemampuannya dalam mengurus rumah tangga kepada calon Suaminya ketika wanita tersebut ingin menikah.

Sementara Seni mengunting kertas profesional, lebih cenderung ke pria dan dapat memberi pemasukan yang baik dan bisa bekerja sama dengan pasangannya untuk berkerja dalam pabrikasi kesenian kertas.

Desain seni mengunting kertas bisa melalui simbol, Huruf kaligrafi, wajah manusia, simentris, terkadang bisa mengandung arti dan makna tertentu. Kalau jenis Simbol banyak sekali ditemukan sampai sekarang. Jaman sekarang Seni mengunting kertas telah mengalami modernisasi ada yang jenis 2 D (tradisi lama) dan 3D (moderinisasi), warna banyak sekalo mengunakan warna merah.

Pada jaman sekarang Seni mengunting kertas sangatlah dekoratif, anda bisa menaruhnya seperti lukisan, dapat ditempel di jendelam pintu, bahkan kaca perhiasan. Pada pintu masuk sering sekali kita melihat guntingan kertas, atau jian Zhi

pada setiap pintu masuk, terutama menjelang imlek dan menjelang perkawinan, ada tertulis sepasang huruf Kaligrafi tiongkok yang berarti " Kebahagian".

Atau dikenal kebahagian Ganda. Dalam tradisi Tionghoa yang dimaksud dengan kebahagian ganda adalah Kebahagian Lahir dan Kebahagian Batin. ini dimaksudkan dalam artian Jasmani dan Rohani selalu terpenuhi, dalam materi maupun kebijaksanaan.


Ada 2 cara membuat kesenian ini. yang pertama mengunakan gunting, dan satu lagi mengunakan carter, atau silet, atau pisau kecil, kedua alat ini sangat penting dalam membentuk kesenian mengunting kertas. Jika anda tertarik membuat Lomba perayaan imlek, bagaimana Cara murah dan mendidik anak anda, dapat mengunakan kesenian ini, hampir banyak orang ketahui jaman sekarang, dan biayanya sangatlah murah, dan bisa membantu kreativitas anak anda.

source: http://www.uniktapifakta.com/2010/04/jianzhi-alias-seni-menggunting-kertas.html

2 komentar to “Jianzhi, Seni Menggunting Kertas Dari China”

  • April 23, 2010 at 4:51 AM
    Sukadi says:

    wah artikelnya keren, kalau dipelajari dan bisa menguasai bisa buat usaha sampingan nich...hehe. makasih

  • April 23, 2010 at 4:46 PM
    Gusti says:

    ya betul3x.. tapi khan kita udah punya seni sendiri... ga kurang kok buat dijadikan lahan bisnis

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger