Tuesday, March 30, 2010

Fenomena Mayat Berjalan Dari Toraja

,


Maaf ejaan suandi karena dari sumbernya seperti ini. okelah segera dibaca:

Konon disebuah gua di desa Sillanang sedjak tahun 1905 telah ditemukan majat manusia jang utuh, tidak busuk sampai sekarang. Majat itu tidak dibalsem seperti jang dilakukan orang-orang Mesir Purba bahkan tidak diberi ramuan apapun. Tapi bisa tetap utuh. Menurut pendapat Tampubolon, kemungkinan ada sematjam zat digua itu jang chasiatnja bisa mengawetkan majat manusia. Kalau sadja ada ahli geologi dan kimia jang mau membuang waktu menjelidiki tempat itu, agaknja teka teki gua Sillanang dapat dipetjahkan. Di samping majat jang anti husuk, ada pula majat manusia jang bisa berdjalan diatas kedua kakinja, bagaikan orang hidup jang tidak kurang suatu apa. Kalau mau ditjari djuga perbedaannja, ada, tapi tidak begitu kentara. Konon menurut Tampubolon, sang majat berdjalan kaku dan agak tersentak-sentak. Dan dalam perdjalanan itu ia tidak bisa sendirian, harus ditemani oleh satu orang hidup jang mengawalnja, sampai ketudjuan achir jaitu rumahnja sendiri. Mengapa harus demikian?

Tjeritanja begini. Orang-orang Toradja biasa mendjeladjah daerahnja jang bergunung-gunung dan banjak tjeruk itu hanja dengan berdjalan kaki. Dari zaman purba sampai sekarang tetap begitu. Mereka tidak mengenal pedati, delman, gerobak atau jang sematjamnja. Nah dalam perdjalanan jang berat itu kemungkinan djatuh sakit dan mati selalu ada. Supaja majat tidak sampai ditinggal didaerah jang tidak dikenal (orang Toradja menghormati roh setiap orang jang meninggal) dan djug supaja ia tidak menjusahkan manusia lainnja (akan sangat tidak mungkin menggotong terus-menerus djenazah sepandjang perdjalanan jang makan waktu berhari-hari), maka dengan satu ilmu gaib, mungkin sedjenis hipnotisme menurut istilah saman sekarang, majat diharuskan pulang berdjalan kaki dan baru berhenti bila ia sudah meletakkan badannja didalam rumahnja sendiri. Dan bajangkan sadja, majat itu tahu arah djalan, dan tahu jang mana rumahnja! Kendati demikian masih ada satu pantangan: majat jang berdjalan itu tidak boleh disentuh. Mungkin kalau disentuh mukdjizat jang menjunglapnja dengan serta merta hilang. Wallahu'alam.

Keanehan terachir jang tidak begitu menakdjubkan adalah "ballo" (tuak) jang kalau diminum tidak memabukkan, betapapun banjak anda meminumnja. Tuak jang diramu dengan sedjenis kulit kaju ini disamping memanaskan badan djuga menambah tenaga dan memperpandjang umur. Mungkin benar djuga, karena usia penduduk disana rata-rata mentjapai 80 sampai 100 tahun. Apakah ballo akan sama mudjarabnja kalau diminum diluar Toradja, masih belum di tjoba.

 source: majalah.tempointeraktif.com

8 komentar to “Fenomena Mayat Berjalan Dari Toraja”

  • March 30, 2010 at 11:52 PM

    Kebetulan saya orang toraja, tapi belum pernah liat langsung yang namanya mayat berjalan. Kemungkinan yang di photo itu adalah sebuah mumy yang sedang di ganti pakaiannya dengan yg baru.

  • March 31, 2010 at 3:29 AM
    DEWI KUSUMA says:

    wow seram...

  • April 7, 2010 at 8:42 PM
    eni says:

    hiiiiiiiiiiii....
    ko serem amat tu mayat bisa berjalan,malah kalo diluar tanah Toraja pasti jadi heboh banget mpe2 mungkin orang ga mau keluar rumah.Ternyata keajaiban ada dimana-mana...

  • May 9, 2010 at 5:24 PM
    ToM kuU says:

    serem ih~~~~

  • August 29, 2010 at 8:16 AM
    Karre' says:

    gw jga orang Toraja,,, tpi sma coment yg sebelumnya,,,, gw blum pernah liaat mayat berjalan,, cma sering denger z...
    yc tpi menurutQ sendri,,,, orang Toraja skrang n dulu cukup jauh berbedah,, lebih modern,,, and knal Tuhan,, gk kya dulu,,, mkanya dlu hormat bgett sma yg nmanya Arwah,,, untunglah keluargaQ sendiri gk ad yg sperti itu,,,, krna klo ada berarti kluargaQ kluarga gk jlass...
    oia,, ktanya menjalankan mayat berjalan sperti itu,, gk bleh sembarangan,,, bhkan ktanya gk bleh d jalankan saat siang hari,,,, krna setiap tumbuhan yg d sentuhnya bisa mati,,,

  • October 15, 2010 at 2:08 AM
    Sukmo says:

    ejaan tulisannya aneh. kalau 'c' jadi 'tj' dan 'y' jadi 'j', dst, kenapa 'u' tidak jadi 'oe'? kesengajaan yang tidak sempurna??

  • March 27, 2012 at 3:11 AM
    ankara9murka says:

    widi, akhirnya terekspose juga.

  • May 3, 2012 at 12:23 AM
    Ary Aja says:

    kalau rmh si mayat udh nggak ad, si mayat plgnya kmna ?

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger