Tuesday, March 23, 2010

Cara Membuat Animasi Dengan Photoscape

,

Membuat animasi bergerak (type GIF) sangatlah mudah, kita hanya perlu kreaktifitas dan imajinasi yang tinggi serta ketelitian. Disamping itu butuh ketrampilan menggambar. Namun, kita tidak usah berfikiran terlalu jauh, cukup dengan kesederhanaan pun animasi bisa dibuat.

Membuat animasi GIF (AniGIF) memerlukan 2 aplikasi, yang pertama biasanya sudah tersedia di computer kita yaitu MS PAINT untuk membuat gambarnya (bisa dengan aplikasi lain seperti Photoshop) dan yang kedua membutuhkan aplikasi untuk menggabungkan gambar-gambar sehingga dapat bergerak, salah satunya PHOTOSCAPE.

Langkah-langkah membuat animasi yaitu sebagai berikut:

1. Kita buat gambar penyusunnya dulu. Kita harus membuat gambar penyusun minimal 2 untuk membuat animasi menjadi bergerak. Kebutuhan jumlah gambar penyusun tergantung dari jumlah gerakan yang berbeda. Mari kita buat menggunakan MS PAINT (Start ›› All Program ›› Accessories ›› Paint).

2. Buat ukuran bidang gambar yang kita kehendaki (Image ›› Attribute). Nantinya kita harus konsisten dalam ukuran tersebut pada gambar-gambar yang lain sebagai penyusun aniGIF, kalau tidak hasilnya akan tidak baik.

3. Mulailah menggambar karakter yang kita inginkan pada gambar penyusun pertama. Manfaatkan semua tool yang ada di samping kiri untuk memudahkan menggambar, dan isikan warna yang disediakan di bawah. Kemudian Save As dengan nama Kiss01.

Tutorial01
4. Buatlah Gambar kedua dengan bentuk yang sedikit berbeda, misalnya kita buat dengan mata terpejam. Caranya langsung ubah pada gambar tadi (tanpa membuka bidang gambar baru) dengan menghapus dan menggambar lagi bagian yang akan kita gerakkan (tidak menggambar ulang semua). Untuk animasi tingkat mahir, gambar dibuat ulang untuk mendapatkan gambar seperti berjalan atau lompat. Kali ini kita buat yang sederhana dulu…
Tutorial02
5. Setelah selesai membuat gambar penyusun yang kedua, Lakukan Save As dengan nama Kiss02. Buat gambar lain hingga penyusun animasi yang kita inginkan selesai.

6. Setelah kita membuat gambar penyusun, langkah selanjutnya menggabungkan kedua gambar tersebut dengan PHOTOSCAPE. Pada Menu Photoscape pilih menu AniGIF.

7. Cari gambar penyusun tadi di sebelah kiri atas, misalnya di My Picture, hasilnya akan terlihat di sebelah kiri bawah.

8. Langkah selanjutnya, pindahkan gambar (Drag and Drop) ke daerah ”drop your photo here” kemudian susun menurut urutan gerak yang dikehendaki.
Tutorial03
9. Setelah disusun, kita dapat mengatur lamanya gambar akan diam. Klik Change Time, pilih menyamaratakan waktu diam untuk semua gambar (Change display times of all frames) atau memilih gambar tertentu (Change only display time of the selected frame) dengan mengetikkan angka pada box Display Time. Setelah itu klik OK.

Tutorial04
10. Langkah Terakhir, Save…
11. Hasilnya…

Tutorial Animasi
Demikianlah langkah-langkah membuat AniGIF. Baik tidaknya animasi tergantung dari kreaktifitas kita dan keunikan. Baik buruknya gambar adalah nomor 2 yang terpenting isinya mudah dipahami. Animasi ini bisa juga dijadikan pendapatan sampingan kalau kita lihat celahnya, bisa dari animasi bercerita atau komik.
Selamat berkreasi…

source: http://rachmatullah83.wordpress.com/2009/06/19/tutorial-membuat-animasi-dengan-photoscape/

2 komentar to “Cara Membuat Animasi Dengan Photoscape”

  • June 7, 2011 at 9:48 PM
    sarjoni says:

    mantap... sudah saya coba ternyata berhasil...

  • October 28, 2011 at 5:16 AM

    bgus, makasih

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger