Thursday, February 11, 2010

10 Fenomena Yang Masih Menjadi Tanda Tanya

,

Ilmu pengetahuan memang menakjubkan. Mampu menyibak beragam misteri kehidupan. Mencari energi alternatif, mengobati penyakit, menjelajah antariksa, bahkan menciptakan mahkluk hidup buatan. Semua keajaiban sains itu membuat kita terheran-heran.
Tapi tidak semua misteri kehidupan bisa dipecahkan. Masih banyak fenomena lain yang belum dapat terjawab oleh ilmu pengetahuan. Livescience Con mencatat ada 10 fenomena yang hingga kini belum dapat dijelaskan secara ilmiah. Apa saja itu?
1. Dengungan Taos.
Penduduk dan pengunjung kota kecil Taos di New Mexico selama bertahun-tahun diganggu oleh dengungan aneh. Suara berfrekuensi rendah tersebut mengumandang di sepanjang udara gurun pasir. Uniknya, hanya 2 persen dari penduduk setempat yang mendengar suara itu. Sebagian orang meyakini suara itu disebabkan oleh getaran yang tidak biasa. Hingga hari ini misteri dengungan aneh ini belum juga terpecahkan.



2. Bigfoot.
Selama puluhan tahun dilaporkan temuan mahkluk besar berambut, berkaki besar, dan meninggalkan jejak di sepanjang daerah di Amerika. Bahkan ada saksi matanya juga. Lucunya, tidak ada temuan sama sekali. Hanya berupa rekaman foto dan film. Sama dengan monster Loch Ness. Bigfoot oleh mayoritas orang dianggap hanya mitos. Secara ilmiah belum terbuktikan keberadaannya.





3. Intuisi.
Sebagian orang meenyebutnya “indra keenam” nyaris semua orang pernah berpengalaman menggunakan intuisinya, baik sengaja maupun tidak. Misalnya saat kita merasa ada,sesuatu yang salah, ternyata benar. Kajian psikologi menganalisanya sebagai kemampuan manusia mengenali suatu peristiwa dengan mengumpulkan informasi sekitar. Kita bisa tahu tentang sesuatu, tanpa paham bagaimana caranya. Tapi belum ada juga penjelasan yang dapat diterima di dunia sains tentang ini.



4. Menghilang Secara Misterius.
Manusia bisa hilang karena banyak alasan. Melarikan diri, kecelakaan, terbunuh, dan masih dapat ditemukan. Namun ada beberapa kasus dimana orang menghilang secara misterius. Sebut saja sejumlah kru kapal sponyol Marie Celeste, Jimmy Hoffa, Amelia Earthart dan Natalee Holloway. Nama-nama tesebut adalah orang yang menghilang tanpa jejak. Belum ada juga penjelasan ilmiah tentang misteri ini.




5. Hantu.
Dari karya Shakespeare, Machbet, sampai aneka acara televisi terkini, selalu menceritakan adanya roh orang yang sudah meninggal. Di seantero dunia, berbagai negara, orang percaya adanya hantu. Pemburu hantu serta teknologi paling anyar mencoba menjelaskan secara ilmiah tentang mahkluk tersebut. Sayang, masih belum ada penjelasan yang dapat diterima dengan pengetahuan manusia.




6. Déjà vu.
Berasal dari bahasa perancis yang artinya “pernah terlihat”. Déjà vu adalah peristiwa dimana kita merasa pernah mengalami kejadian yang sama di masa silam. Nyaris semua orang mengalaminya. Ada yang menggangap sebagai pengalaman di kehidupan sebelumnya. Para psikologi mencoba menjelaskannya secara naturalistik. Tapi kejadian ini tetaplah misteri.


7. UFOs.
Tak bisa disangkal bahwa begitu banyak orang bersaksi melaporkan keberadaan Undentified Flying Objects (UFOs). Dari piring terbang hingga mahkluk berkepala botak dengan mata memanjang. Para astronom percaya bahwa meteor berasal dari angkasa luar namun apakah ada mahkluk hidup di luar sana? Sebuah pertanyaan yang belum dijawab oleh sains.


8. Pengalaman Nyaris Mati dan Hidup Sesudah Mati.
Di Indonesia dikenal istilah mati suri, mati sesaat lalu hidup kembali. Ternyata kejadian ini juga dialami oleh beberapa orang di semua belahan bumi. Pengalaman ini rata-rata berkisah tentang sinar yang menyilaukan yang dijumpai saat menuju ke alam baka. Kaum skeptis menganggapnya hanya sebgai halunisasi. Orang yang religius meyakini bahwa sinar itu adalah Tuhan. Penjelasan ilmiah? Belum ada.


9. Kekuatan Psikis.
Ini adalah kekuatan yang melebihi intuisi, dimana orang bisa meramalkan apa yang akan terjadi di masa mendatang. Sebagian mendapatkan dari mimpi atau mendadak mendapat penglihatan tentang apa yang akan terjadi. Di Indonesia dikenal sebagai paranormal atau dukun atau peramal. Kekuatan ini juga belum dapat dianalisa secara sains.


10. Hubungan Tubuh dan Pikiran.
Ilmu kesehatan memang mempercayai bahwa pikiran kita sangat mempengaruhi kondisi fisik. Pada efek placebo misalnya, mendemonstrasikan bagaimana suatu penyakit dapat berangsur membaik dengan cara si pasien memikirkan hal-hal positif. Atau penderitaan mental justru memperburuk kondisi kesehatan. Tapi sampai sekarang ilmuwan belum mampu mejelaskan detail ilmiah hubungan antara pikiran dan tubuh kita.

0 komentar to “10 Fenomena Yang Masih Menjadi Tanda Tanya”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger