Skip to main content

Memasang Widget Google Translate Blog (1)

Blogger.com sudah menyediakan kita kemudahan untuk menyampaikan isi materi dari postingan kita dalam berbagai bahasa. Nama program/widget yang bisa dipasang agar halaman blog kita bisa ditranslate dalam berbagai bahasa adalah Google Translate.

Hal-hal yang perlu anda ketahui tentang google traslate adalah:
  1. Jangan memakai bahasa gaul karena secara otomatis tidak akan bisa ditranslate oleh google translate.

    Ini mungkin dikarenakan tidak ada kosa kata tersebut di dalam database google translate. Oleh karena itu pakailah bahasa baku standar bahasa Indonesia, jangan memakai kata-kata "semau gue".

  2. perhatikan tanda baca, gunakan tanda baca dengan benar. Karena jika anda salah menggunakan tanda baca, hasil terjemahan nanti juga berbeda. Gunakan tanda koma untuk memisahkan kalimat dan titik untuk mengakhiri kalimat. Gunakan tanda baca seperlunya.
  3. pasang widget translator ini di tempat yang agak mencolok seperti pada bagian sidebar atas agar pengunjung mancanegara yang kebetulan masuk ke blog anda merasa tertarik untuk membaca blog anda.
  4. Sebelum anda menerbitkan postingan anda, cek dahulu artikel anda. Apakah ada ejaan yang salah, tanda baca yang salah, atau kalimat yang kurang berkenan. Selanjutnya anda bisa menerbitkan postingan anda.
Ada bermacam-macam cara memasang widget ini ke dalam blog anda. bisa dalam bentuk scroll box ataupun lambang atau gambar-gambar, tergantung dari kemauan anda.

Untuk yang pertama, jika anda ingin memasang widget dalam bentuk scroll box, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


  • Ubah bahasa dari bahasa inggris sesuai dengan bahasa blogmu.

  • Terakhir copy-paste kode html yang berada di dalam kotak ke add gadget dengan cara
  • Login pada blogger.
  • Klik Layout pada Dashboard.
  • Klik Add a Gadget, dan pilih HTML/Javascript.
  •  Masukkan kode HTML yang telah dicopy (seperti pada langkah 4) dan beri judul titlenya,
  • misalnya Google Translate.
  • Setelah itu, Save.
    Maka akan muncul tampilan seperti berikut:



    Untuk versi scroll box dan gambarnya, anda bisa mengkopi kode berikut ke dalam blog anda dengan cara yang sama persis seperti diatas, mulai dari login ke blogger sampai disave.
    <script src="http://www.gmodules.com/ig/ifr?url=http://www.rosettainterpreters.com/xn_resources/widgets/gadget/gadget.xml&amp;up_siteLanguage=Indonesian&amp;up_phone=081233131226&amp;synd=open&amp;w=330&amp;h=49&amp;title=Selaraskan++Bahasa+Anda&amp;lang=en&amp;country=ALL&amp;border=%23ffffff%7C0px%2C1px+solid+%23004488%7C0px%2C1px+solid+%23005599%7C0px%2C1px+solid+%230077BB%7C0px%2C1px+solid+%230088CC&amp;output=js"></script>

    hingga mendapatkan hasil seperti di bawah ini:

    Popular posts from this blog

    Sekuel Terbaru Video Mesum Ariel - Aura Kasih

    Fenomena Ayam Kampus

    Elang Laut, Mesin Terbang Hidup Paling Mengesankan