Friday, January 18, 2013

Tour De Singkarak, Mari ke Danau Singkarak!?

,

Tour De Singkarak, Mari ke Danau Singkarak!? - Sumatera memiliki beberapa danau besar dan tersohor, kali ini kita akan membahas Danau Singakarak yang terletak di Sumatera Barat. Danau ini telah menjadi ikon wisata di Provinsi tersebut dan diharapkan mampu mengangkat citra pariwisata Sumatera Barat lebih tinggi lagi. Anda mungkin pernah mendengar istilah "Tour de Singkarak", ini merupakan sebuah event parwisata dan olahraga internasional yang diselenggarakan di Singkarak. Secara tidak langsung ini merupakan bentuk promosi untuk wilayah Sumatera Barat secara keseluruhan.

Objek wisata Danau Singkarak Sumatera Barat

Objek wisata Danau Singkarak berlokasi sekitar 85 k mdari kota Padang.Tahukah anda jika Danau Singkarak merupakan danau terluas di Sumatera Barat dengan luas 107,8 km persegi? Selain luas, danau ini juga cukup dalam yaitu sekitar 268 meter, menjadikannya salah satu pembangkit listrik tenaga air untuk daerah sekitar Singkarak. Danau Singkarak berada di ketinggian 365 meter di atas permukaan laut dan di sekelingnya terdapat beberapa Gunung seperti Gunung Lantik dan Gunung Singgalang. Dengan area danau yang luas serta pepohonan hijau di sekelilingnya, pemandangan yang tercipta sangat hijau dan asri. Berbagai kegiatan menarik bisa anda lakukan disini, seperti jalan santai, menyeberang danau, berenang, memancing, dll.
Objek wisata Danau Singkarak Sumatera Barat 2

Jika ingin melihat keindahan Objek wisata Danau Singkarak lebih dekat, anda bisa menyewa perahu yang sudah disediakan disana untuk berkeliling di tengah danau. Di momen-momen tertentu Danau ini bisa sangat ramai oleh pengunjung. Salah satu event favorit adalah lomba balapan perahu untuk tingkat lokal hingga tingkat nasional. Oiya, Danau Singkarak juga terkenal dengan ikan bilihnya. Ikan ini diperkirakan hanya ada di danau ini, banyak dicari masyarakat untuk dikonsumsi. Bagi anda penggemar ikan-ikanan, sebaiknya jangan melewatkan berbagai hidangan berbahan ikan bilih. Selain ikan bilih, ada 18 spesies ikan lain yang menghuni danau ini walaupun ketersediaan makanannya sangat terbatas. Dari semua spesies, ada 3 jenis yang mendominasi danau ini, yaitu ikan bilih, ikan asang atau nilem, dan ikan rinuak. Spesies ikan yang lainnya adalah ikan turiak, lelan, sasau, garian, dsb. Dengan 19 spesies ikan mendiami tempat ini, menunjukkan bahwa Danau Singkarak memiliki keanekaragaman hayati yang tidak terlalu tinggi. Danau seluas itu mungkin seharusnya dihuni oleh puluhan hingga ratusan jenis ikan. Hal ini tidak terlepas dari kondisi Danau Singkarak yang mesogotrofik. Kondisi ini menyebabkan pertumbuhan organisme seperti plankton tidak maksimal sehingga mempengaruhi populasi ikan secara keseluruhan. Beberapa penelitian membenarkan bahwa populasi betos dan plankton di danau ini tidak terlalu tinggi. Padahal kedua organisme ini memegang peranan sangat penting dalam membentuk rantai makanan yang sehat.
Objek wisata Danau Singkarak Sumatera Barat 3
Hal menarik lain tentang ikan bilih adalah hanya bisa hidup di danau ini. Jadi walaupun ada orang yang mencoba memeliharanya di dalam kolam atau tambak, ikan ini tidak akan bertahan lama. Soal fasilitas anda tidak perlu khawatir karena Objek wisata Danau Singkarak sudah menyediakan cukup banyak fasilitas, seperti penginapan, rumah makan / restoran, dan fasilitas umum lainnya. Untuk sampai ke tempat ini, anda bisa berangkat dari Padang menempuh perjalanan sejauh 85 km melewati kota Solok. Anda bisa kesini dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Tarif angkutan umum menuju tempat ini adlah sekitar 25-40 ribu rupiah. Alternatif lainnya adalah dengan menyewa mobil rental dengan harga 400 ribuan untuk satu hari. Karena ada beberapa rute yang bisa anda lalui untuk sampai ke Danau Singkarak, anda bisa pula dengan rute yang berbeda. Setiap rute memiliki pemandangan yang berbeda sehingga mampu menyemarakkan perjalanan anda.
Objek wisata Danau Singkarak Sumatera Barat 4
Sekian info wisata ke Objek wisata Danau Singkarak. Selamat berlibur.

0 komentar to “Tour De Singkarak, Mari ke Danau Singkarak!?”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger