Saturday, January 5, 2013

Bukit Lawang, Kawasan Konservasi Orangutan di Sumut

,

Bukit Lawang, Kawasan Konservasi Orangutan di Sumut- Bukit Lawang adalah sebuah objek wisata yang berlokasi di Sumatera Utara. Tempat ini memiliki maskot yaitu OrangUtan Sumatera. Ada sekitar 5000 ekor orangutan hidup di dalam kawasan Bukit Lawang. Di dekat Bukit Lawang terdapat objek wisata lain yang juga populer, yaitu Taman Nasional Gunung Leuser. Gunung Leuser sebagian besar terdiri atas hutan hujan tropis, dan di dalamnya kita bisa menemukan beberapa danau, sungai, air terjun, dan sumber mata air panas. Keanekaragaman hayatinya juga luar biasa. Beberapa hewan yang hidup di hutan Leuser antara lain Badak Sumatera, Gajah Sumatera, rusa sambar, dan kambing hutan. Kembali ke Bukit Lawang, tempat ini telah menjadi kawasan konservasi orangutan sejak tahun 1973. Tujuan dibentuknya tempat ini adalah untuk mencegah kepunahan orangutan akibat perburuan dan perusakan hutan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Objek wisata Bukit Lawang tidak hanya sering didatangi oleh turis lokal, namun juga turis mancanegara. Tempat ini biasanya ramai saat musim liburan tiba.

Objek wisata Bukit Lawang Sumatera Utara

Selain orangutan, atraksi utama di kawasan ini adalah pemandangan alamnya yang indah. Pengunjung yang datang rata-rata dari daerah Medan, Deli Serdang, Langkat, dan Binjai. Di dalam kawasan hutan ini, terdapat sungai Bahorok yang memiliki air dingin. Dari sini anda juga bisa melihat hijaunya Bukit Barisan. Nama lain dari Bukit Barisan adalah Taman Nasional Gunung Leuser seperti yang sudah kita bahas tadi. Akomodasi di Bukit Lawang sudah cukup lengkap. Beberapa penginapan yang bisa anda temukan disini antara lain Bukit Lawang Cottege dan Rindu Alam Hotel. Kebanyakan penginapan memakai prinsip eco-lodging. Artinya tempat menginap dibuat agar menyatu dengan alam, misalnya tempat tidur yang dibuat menggantung. Letaknya pun di beranda sehingga saat beristirahat anda bisa langsung melihat asrinya kawasan Bukit Lawang. Fasilitas di dalam penginapan cukup memadai namun tidak berlebihan. Harga penginapan sangat bervariasi, mulai dari Rp. 100.00,- hingga Rp. 500.000,-. Fasilitas lain yang tersedia antara lain camping ground, rumah makan, visitor center, viewing center, terminal. papan informasi, jalan setapak, dll.

Objek wisata Bukit Lawang Sumatera Utara 2

Masa kunjungan wisatawan ke tempat ini biasanya 2 hingga 3 hari, namun akan meningkat jika musim liburan tiba. Jika anda ingin menyusuri indahnya Bukit Lawang, anda bisa berkeliling dengan rakit yang disediakan oleh masyarakat setempat. Jika ingin sensasi yang lebih menantang, anda bisa melakukan arung Jeram untuk menaklukkan arus Sungai Bohorok.

Objek wisata Bukit Lawang Sumatera Utara 3

Sebagai kawasan konservasi orang utan, Bukit Lawang adalah bagian penting dari Indonesia. Tidak banyak tempat yang khusus memberikan perhatian pada kelestarian orangutan. Objek wisata lain yang serupa dengan Bukit Lawang bisa kita temukan di daerah Kalimantan, yaitu adalah Taman  Nasional Tanjung Puting. Di tempat ini orangutan juga dijaga dengan sangat baik agar tidak punah. Bukit Lawang pernah mengalami kejadian tragis pada tahun 2003, dimana banjir yang parah membuat tempat ini mengalami kerusakan. Untung sekarang daerah ini sudah pulih kembali. Jika anda menyukai kegiatan trekking ke dalam hutan, anda bisa melanjutkan perjalanan dari Bukit Lawang menuju ke Tangkahan. Tangkahan adalah  tempat menarik lain di daerah Sumatera Barat. Jika masih belum puas, anda juga bisa menjelajahi hutan Ketambe di Aceh Selatan.

Objek wisata Bukit Lawang Sumatera Utara 4

Objek wisata Bukit Lawang merupakan tempat yang ideal bagi orangutan karena memiliki suhu berkisar 21,1ºC – 27,5 ºC dan kelembaban 80 – 100 %. Curah hujan di dalam kawasan hutan adalah sekitar 2000 – 3200 mm per tahun. Hujan turun merata sepanjang tahun dan tidak ada musim kering disini. Di dalamnya, tumbuh berbagai spesies tumbuhan seperti meranti, damar laut, dan bunga bangkai. Sedangkan untuk fauna, disini terdapat orangutan, siamang, beruang madu, kupu-kupu, dll. Untuk sampai ke Objek wisata Bukit Lawang, anda bisa mengikuti rute ini. Dari Medan, lanjutkan perjalanan ke Binjai melalui terminal Pinang Baris. Anda bisa melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi atau dengan bus. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat ini adalah sekitar 2,5 jam. Perjalanan tidak memakan waktu lama sebab jalan di sekitar Bukit Lawang sudah sangat baik. 

Objek wisata Bukit Lawang Sumatera Utara 5

Nah, itu tadi sedikit informasi tentang Objek wisata Bukit Lawang, Sumatera Utara. Selamat berkunjung.

0 komentar to “Bukit Lawang, Kawasan Konservasi Orangutan di Sumut”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger