Wednesday, December 26, 2012

Mengenang Pahlawan di Monumen Yogya Kembali

,

Mengenang Pahlawan di Monumen Yogya Kembali - Berwisata ke tempat-tempat bersejarah akan mengingatkan kita kepada jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan di Indonesia. Di Yogyakarta ada sebuah monumen bersejarah bernama Monumen Yogya Kembali. Kompleks museum ini dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Kota Yogyakarta. Tempat ini telah menjadi sarana rekreasi sekaligus edukasi, maka dari itu sering dikunjungi oleh para pelajar. Monumen Yogya Kembali memiliki bentuk kerucut yang khas dengan tinggi 31,8 meter. Bangunan kerucut seperti tumpeng tersebut memiliki arti Kebahagiaan dan Kesucian. Di dalamnya terdapat 3 lantai dan berisi ruang perpustakaan. Pada rana pintu anda bisa melihat tulisan "422" yang menunjukkan jumlah pahlawan yang gugur di Wehrkreise III. Di lantai satu terdapat 4 ruang yang berisi banyak benda koleksi seperti foto, dokumen, realia, heraldika, senjata, replika, dll. Selain itu ada pula sebuah dapur yang ditata sedemikian rupa untuk menciptakan kesan jaman dulu (1945 - 1949). Koleksi lain yang tidak kalah unik adalah kereta kuta milik Panglima Besar Jendral Soedirman.

Mengenang Pahlawan di Monumen Yogya Kembali

Monumen Jogja Kembali didirikan segaris dengan Merapi, Keraton, Tugu, dan Parangtritis. Monumen ini berlokasi di Kabupaten Sleman, sekitar 10 km dari Kota Yogyakarta. Dengan luas lahan sekitar 5,6 ha, pembangunan tempat ini dimulai dengan melakukan upacara tradisional. Prosesi peletakan baru pertama dan penanaman kepala kerbau dilakukan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Ritual tersebut dilakukan pada 29 Juni 1985 hingga akhirnya bangunan ini diresmikan pada 6 Juli 1989 oleh Presiden Soeharto.

Mengenang Pahlawan di Monumen Yogya Kembali 2

Pada dasarnya, Monumen Jogja Kembali didirikan agar masyarakat selalu ingat dengan perjuangan pahlawan di dalam Serangan umum 1 Maret 1949. Saat itu para pahlawan berjuang untuk merebut Kota Yogyakarta yang sebelumnya dikuasai oleh penjajah. Akhir dari pertempuran tersebut adalah pasukan Belanda ditarik mundur pada 29 Juni 1949. Monumen ini juga menjadi pengingat perjuangan Soekarno-Hatta, dan beberapa petinggi Negara lainnya pada. Saat masuk ke area monumen, anda bisa melihat replika pesawat Cureng dan pesawat Guntai. Saat naik ke podium barat atau timur anda bisa melihat 2 buah senjata beroda yang digerakkan dengan mesin. Sedangkan di bagian selatan terdapat sebuah dinding yang bertuliskan nama pahlawan yang gugur dalam pertempuran beserta puisi berjudul Karawang-Bekasi hasil karya Chairil Anwar. Bagian utara dan selatan  bangunan ini dihubungkan dengan sebuah tangga yang langsung menuju ke lantai 2. Di atas dinding anda bisa melihat 40 relief yang berkisah tentang perjuangan pahlawan dari 17 Agustus '45 hingga 28 Desember '49. Berbagai hal seperti perjuangan fisik, diplomasi, pembentukan Tentara Keamanan Rakyat, dll terpahat dengan jelas di relief tersebut. 

Mengenang Pahlawan di Monumen Yogya Kembali 3

Di dalam Monumen Jogja Kembali, terdapat 10 diaroma yang berdiri melingkari gedung. Ini adalah sebagai simbol penyerangan Belanda ke Maguwo pada 19 Desember 1948. Selain itu juga tergambar pernjajian Roem Royen dan peringatan proklamasi di Gedung Agung Yogyakarta yang berlangsung pada 17 Agustus 1949. Bagian atas bangunan ini memiliki bentuk lingkaran dengan tiang bendera. Kemudian ada pula relief bergambar tangan yang melambangkan perjuangan pahlawan. Sebuah ruangan bernama Garbha Graha juga didedikasikan khusus untuk menghormati dan merenungi jasa mereka. Pemandangan menarik lain yang bisa anda liha di dalam gedung adalah sebuah tandu yang pernah dipakai untuk menggotong Jenderal Soedirman saat perang gerilya. Ada juga seragam, tentara dokar, dan lain sebagainya. Konon jumlah koleksi tersebut sudah mencapai ribuan.

Mengenang Pahlawan di Monumen Yogya Kembali 4

Nah, itu tadi sedikit informasi tentang Monumen Jogja Kembali. Tempat-tempat bersejarah seperti ini sudah mulai tergeser oleh modernitas. Kita sebagai penerus bangsa harus terus melestarikannya, salah satunya adalah dengan berkunjung kesana dan mempelajari isinya. Semoga ini bisa menambah wawasan anda.

0 komentar to “Mengenang Pahlawan di Monumen Yogya Kembali”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger