Friday, December 21, 2012

Cuci Mata ke Jatiluwih, Surga Bali yang Permai

,

Cuci Mata ke Jatiluwih, Surga Bali yang Permai - Bali memang selalu menarik untuk ditelusuri. Anda mungkin sudah kenal dengan objek wisata Bedugul. Ini adalah salah satu objek wisata terkenal di daerah Tabanan. Namun sebenarnya Tabanan masih memiliki beberapa tempat menarik lain yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Jatiluwih. Jatiluwih pada dasarnya merupakan sebuah desa yang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Jatiluwih mewakili alam Bali yang dikenal hijau dan asri. Sawah yang terdapat di desa ini memiliki keunikan tersendiri, yakni berbentuk terasering atau berundak. Berada di ketinggian 700 meter, hawa di tempat ini sangatlah sejuk. Anda tidak akan merasa lelah seharian berjalan-jalan di tempat ini. Padi yang menghijau adalah salah satu tontonan favorit dan banyak wisatawan datang kesini hanya untuk mengabadikan foto mereka dengan latar belakang sawah yang luas.

Objek wisata Jatiluwih di Bali

Nama Jatiluwih sendiri memiliki arti benar-benar indah, sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Menurut catatan sejarah, sebelum berubah nama menjadi Jatiluwih, desa ini pernah diberinama Girikusuma. Pergantian nama terjadi pada masa Pemerintahan Waturenggong sekitar tahun 1460 - 1552. Waktu itu, seorang pemuka agama bernama Ida Bagus Angker bersemedi di tempat ini dilanjutkan dengan madiksa untuk menjadi seorang Pendeta. Kemudian setelah dia mengikuti ritual mediksa dan menjadi seorang pendera, nama desa ini berubah menjadi Jatiluwih. Sebuah tempat pemujaan dibangun di tempat dia dulu melakukan meditasi. Tempat tersebut disebut dengan Pura Gunung Sari. 

Objek wisata Jatiluwih di Bali 2

Berkunjung ke Objek wisata Jatiluwih hampir sama dengan ke Ubud. Disini lokasinya sangat tenang dan damai, sangat berbeda dengan objek wisata Kuta atau sekitarnya. Namun begitu, ada banyak hal yang bisa anda lakukan disini, misalnya anda bisa trekking untuk menjelajahi hijaunya Desa Jatiluwih. Pemandangan yang anda lewati pun sangat khas pedesaan. Setiap hari anda bisa melihat petani beraktivitas di sawah, mulai dari menanam benih, mematang sawah, membajak, dll. Berbicara soal proses penanaman sawah di Bali, khususnya di Jatiluwih, melewati proses yang cukup panjang.  Ada beberapa acara / fase yang perlu diikuti oleh petani, seperti mapag toya, mebiyukukung, dan ngendag. Itu tidak lain adalah karena masyarakat setempat masih menjaga budaya lokal dengan sangat baik. Realisasinya juga bisa terlihat dari cara bercocok tanam mereka yang masih sangat alami, yakni memakai pupuk kandang. Satu lagi atraksi menarik yang sebaiknya tidak anda lewatkan adalah upacara petoyan. Upacara ini dilakukan setiap 210 hari sekali, tepatnya di hari Rabu Kliwon Ugu. Upacara ini berlangsung di Pura Petali, dan ada berbagai atraksi hiburan disana, salah satunya adalah tari-tarian khas Bali.

Objek wisata Jatiluwih di Bali 3

Melihat dari semua keindahan yang ditawarkan, sangat pantas jika objek wisata Jatiluwih anda masukkan dalam daftar kunjungan anda saat ke Bali. Jaraknya tidak terlalu jauh kok! Dari Denpasar hanya berjarak 48 km atau bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam jika perjalanan lancar. Setelah puas berkeliling tempat ini, jangan lupa datang ke restoran yang menyajikan berbagai menu khas Bali. Bagi anda yang hobi olahraga, anda juga bisa bermain rakit di tempat ini. Transportasi di tempat ini tidak susah, ada banyak jasa travel dan jasa rental mobil di bali yang menyediakan tur ke tempat ini. Fasilitas sudah cukup lengkap, hanya saja penginapan mungkin tidak akan semewah di Kuta karena memang tempat ini masih berupa desa yang alami. Sedangkan fasilitas lain seperti toilet, tempat parkir, wantilan, dsb, sudah cukup lengkap. 

Objek wisata Jatiluwih di Bali 4

Nah, itu tadi sedikit informasi tentang Objek wisata Jatiluwih di Bali. Selamat berkunjung dan semoga liburan anda menyenangkan.

0 komentar to “Cuci Mata ke Jatiluwih, Surga Bali yang Permai”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger