Sunday, December 30, 2012

Belantara Eksotis Taman Nasional Danau Sentarum

,

Belantara Eksotis Taman Nasional Danau Sentarum - Kalimantan memiliki wilayah yang masih sangat hijau dan asri, jadi tak heran jika ada banyak pemandangan indah dan langka di tempat ini. Salah satu tempat wisata yang sangat menarik di Kalimantan Barat adalah Taman Nasional Danau Sentarum. Seperti namanya, Taman Nasional ini menjadikan Danau sebagai ekosistem utamanya, kemudian diikuti oleh ekosistem lain seperti hutan rawa dan hutan hujan tropis. Beberapa tempat menarik yang terdapat di dalam kawasan Taman Nasional Danau Sentarum antara lain Bukit Lanjak, Bukit Tekenang, dan Nanga Kenelang. 

Taman Wisata Danau Sentarum Kalimantan

Selain melihat pemandangan alamnya yang indah, anda bisa berbaur dengan penduduk lokal. Masyarakat di tempat ini berasal dari Suku Dayak Iban, Sontas, Punan, Sebaruk, dan beberapa suku lainnya. Karena masyarakatnya masih tradisional, disini anda bisa melihat rumah Betang khas Kalimantan. Begitu besarnya rumah ini hingga bisa dihuni 15 - 30 kepala keluarga. Ada banyak hal menarik yang bisa anda pelajari dari Suku Dayak Iban, misalnya tradisi mentato kulit. Suku ini memang dikenal gembar menghiasi tubuh mereka dengan tato, baik pada pria maupun wanita. Selain itu mereka punya berbagai macam makanan khas yang tetunya lezat. Beberapa penganan enak yang tersedia disini antara lain kue lapis, kue bakar, kue bolu, dan rotu bakar.

Taman Wisata Danau Sentarum Kalimantan 2

Beragam hal menarik bisa anda lihat di dalam Taman Nasional Danau Sentarum, salah satunya adalah jenis flora nya yang sangat beragam. Ada spesies tumbuhan yang merupakan endemik di tempat ini, yaitu tembesu atau tengkawang (Shorea beccariana). Spesies tumbuhan lain yang terdapat disini sangat khas hutan hujan tropis, seperti meranti (Shorea sp.),jelutung (Dyera costulata), dan kayu ulin (Eusideroxylon zwageri). Ada yang sedikit berbeda dengan Danau Sentarum. Jika biasanya sebuah danau memiliki air yang jernih atau keruh dengan warna kecokelatan, maka air di Danau Sentarum memiliki warna agak kemerahan karena mengandung tannin yang tinggi. Zat ini berasal dari hutan gambut yang terdapat di sekitar kawasan Taman Nasional. Danau Sentarum adalah danau musiman, saat musim penghujan Danau ini akan berubah menjadi kolam besar yang dalam. Sedangkan pada musim kemarau, debit air akan menyusut dengan dratis sehingga membentuk kolam-kolam kecil.

Taman Wisata Danau Sentarum Kalimantan 3
  
Taman Nasional Danau Sentarum merupakan kawasan konservasi, oleh sebab itu masyarakatnya sangat bergantung pada tempat ini. Banyak penduduk yang melakoni mata pencarian sebagai petani dan pemungut hasil hutan, seperti rotan, kayu, dsb. Kegiatan lain yang juga dilakukan penduduk di sekitar tempat ini adalah memelihara ikan dengan keramba. Oiya, tempat ini sangat terkenal dengan ikan arwana-nya. Anda tentu sudah tahu bagaimana mahalnya ikan arwana jika memiliki kualitas baik dan ukuran tubuh besar. Anda bisa melihat secara langsung bagaimana masyarakat setempat memelihara dan beternak ikan karnivora ini. Ada satu fakta unik tentang masyarakat di tempat ini. Mereka yang bermata pencarian sebagai pencari ikanternyata bukan penduduk asli disini, melainkan datang dari berbagai kecamatan lain seperti semitau, selimbau, suhadi, dan lanjak. Beberapa dari mereka hanya datang saat jumlah ikan sedang banyak dan mudah dicari, yaitu saat musim kemarau. Namun penduduk yang memelihara ikan dengan teknik keramba tidak terlalu terpengaruh dengan pasang surut air. Dan merekalah yang agaknya membentuk beberapa perkampungan nelayan di daerah ini. 

Taman Wisata Danau Sentarum Kalimantan 4

Untuk sampai ke Taman Nasional Danau Sentarum, anda bisa mengikuti jalur Pontianak > Sintang > Semitau. Untuk perjalanan dengan mobil memerlukan waktu sekitar 11 jam. Sedangkan dengan longboat atau bandong memerlukan waktu yang lebih sedikit, yakni 7 jam perjalanan. Kemudian dari Semitau anda bisa melanjutkan perjalanan dengan perahu motor untuk sampai ke tempat ini.

Taman Wisata Danau Sentarum Kalimantan 5

Nah, itu tadi sedikit informasi tentang Taman Wisata Danau Sentarum. Selamat berkunjung.

0 komentar to “Belantara Eksotis Taman Nasional Danau Sentarum”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger