Saturday, November 3, 2012

Wisata Sejarah ke Museum Fatahillah Jakarta

,

Wisata Sejarah ke Museum Fatahillah Jakarta - Melihat lebih dekat kebudayaan Indonesia bisa kita lakukan dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah, salah satunya adalah museum. Wisata sejarah ke museum mungkin bukan hal asing lagi bagi kita semua, namun hal ini harus terus dilestarikan. Wisata ke museum masih kalah populer dengan wisata ke tempat-tempat hiburan seperti wahana permainan, kebun binatang, pantai, dsb. Nah, bagi anda yang kebetulan berada di Jakarta, anda sebaiknya menyempatkan diri untuk berkunjung ke Museum Fatahillah. Tidak hanya bagi warga Jakarta saja, siapapun yang ingin tahu lebih banyak tentang sejarah bangsa ini bisa datang kesini. Museum Fatahillah terletak di Jalan Fatahillah, no 2, Jakarta Barat.

Wisata Sejarah ke Museum Fatahillah Jakarta

Bangunan seluas 1300 meter persegi ini dibangun pada tahun 1707 hingga 1710 di bawah kepemimpinan Guberner Jendral Johan van Hoorn. Melihat dari konstruksi bangunannya, Museum Fatahillah  mirip dengan Istana Dam yang terdapat di Ansterdam, Belanda. Di bagian timur dan baratnya terdapat 2 buah sayap, seta ada satu bangunan sanding yang difungsikan sebagai kantor dan ruang pengadilan. Sementara ruang bawah tanahnya pernah dipergunakan sebagai penjara. Museum Fatahillah adalah museum terbesar di Jakarta, letaknya di kompleks Kota Tua Batavia. Nama lain yang sering disematkan pada museum ini adalah Museum Batavia atau Museum Sejarah Jakarta. Mengapa disebut museum sejarah jakarta? Karena di dalam gedung ini terdapat berbagai peninggalan sejarah tentang Kota Jakarta.

Wisata Sejarah ke Museum Fatahillah Jakarta 2

Kembali ke masalah bangunan, Objek wisata Museum Fatahillah memiliki konstruksi yang cantik dan menarik. Karena dibangun pada jaman dulu, nuansa jadul-nya sangat terasa. Arsitektur bangunannya memiliki konsep barok klasik yang populer pada abad ke-17. Di dalam bangunan ini terdapat 3 lantai. Semua bagian kusen pintu dan jendela memiliki warna hijau tua, yang dibuat dari kayu jati. Berkeliling di sekitar museum akan memberikan anda atmosfir baru. Pemandangan di sekitar Museum Fatahillah sangat indah, dan sebuah kolam turut melengkapi keindahan tersebut. Nah, bagi yang anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, jangan lupa membawa kamera. Setiap momen sangat berharga untuk diabadikan. Bagian depan bangunan adalah tempat favorit bagi para wisatawan untuk berfoto. Mungkin anda ingin memakainya untuk foto pranikah? karena bentuk bangunan ini sangat spesial dan sangat langka di jaman modern seperti sekarang.

Wisata Sejarah ke Museum Fatahillah Jakarta 3

Masuk ke dalam objek wisata Museum Fatahillah, anda akan menemukan sekitar 25 ribu koleksi benda bersejarah. Diantara koleksi tersebut terdapat peninggalan Kerajaan Tarumanegara dan pedagang Eropa jaman dulu. Peninggalan bersejarah yang bisa anda temukan di dalam Museum adalah Prasasti Ciaruteun, Patung Dewa Hermes, Meriam si Jagur, dan Mimbar Masjid Kampung Baru, Selain itu ada sebuah air mancur yang dulunya difungsikan sebagai sumber mata air. Benda-benda seperti keramik, gerabah, dan peninggalan khas ada betawi juga banyak terdapat disini. Tidak hanya benda-benda antik dan langka, namun dalam museum ini anda juga bisa menemukan sekitar 1200 buku bersejarah. Dari sekian koleksi, sebagian besar adalah buku daru jaman kolonial, sebab itu banyak yang memakai bahasa Inggris, Melayu, Prancis, dan ada beberapa berbahasa Arab.

Wisata Sejarah ke Museum Fatahillah Jakarta 4

Wisata sejarah tidak selamanya membosankan. Di sekitar objek wisata Museum Fatahillah anda bisa bersantai bersama keluarga. Disana terdapat kafe yang didesain mirip Jakarta tempo dulu. Anda bisa beristirahat sejenak disana sambil menikmati atmosfir kehidupan jaman dulu. Tidak hanya dari bangunannya saja yang bernuansa jadul, namun anda juga bisa menikmati makanan tradisional khas seperti kerak telor, rujak bebek, dan es potong. Sembari makan anda akan diiringi dengan musik klasik sehingga semakin memperkuat atmosfir jadul dari tempat tersebut. Beberapa menu yang bisa anda coba antara lain Lobster Thermidor, Batavia's Meat, Seafood Grill, ayam cabe keriting, bebek peking, ikan kerapu, gado-gado, dan makanan tradisional lainnya.Tempat lain yang bisa anda kunjungi di seputaran Museum Fatahillah adalah toko souvenir, mushola, aula, ruang rapat, dan taman. Jika ingin berkunjung, Museum ini dibuka setiap Selasa-Minggu, dari pukul 9.00 hingga 15.00 WIB. Sedangkan hari-hari lain Museum ini ditutup.

Nah, itu adalah sedikit cuplikan informasi tentang  Wisata Sejarah ke Museum Fatahillah Jakarta. Selamat berlibur.

0 komentar to “Wisata Sejarah ke Museum Fatahillah Jakarta”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger