Monday, November 12, 2012

Potret Keindahan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

,

Potret Keindahan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat - Objek wisata di Tanah Air kita ini memang sangat banyak. Di Sumatera saja anda tidak akan kehabisan tempat untuk dikunjungi, salah satunya adalah Kepulauan Mentawai. Kepulauan Mentawai berada di Provinsi Sumatera Barat, sudah menjadi Kabupaten sejak 1999. Kepulauan Mentawai berada tepat di tengah Samudera Hindia sehingga dikelilingi lautan yang luas dan indah. Bagi anda yang merindukan wisata bahari eksotis, silakan luangkan waktu untuk berkunjung ke tempat ini. Ombaknya yang bagus menjadikannya lokasi surfing yang sangat baik. Kepulauan Mentawai adalah gugusan kepulauan yang muncul dari bawah laut, merupakan punggung dari sebuah pegunungan. Ada 4 Pulau utama yang menyusun kepulauan ini, diantaranya Pulau Pagai Selatan, Pulau Sipora, Pulau Siberut, dan Pulau Pagai Utara. Diantara keempat pulau ini, Pulau Siberut adalah yang terbesar dan satu-satunya yang menyediakan pelayaran ke Kota Padang.

Keindahan Kepulauan Mentawai

 Eksotisme Kepulauan Mentawai memang sebaiknya tidak disia-siakan. Bagi anda yang hobi surfing, coba datang ke tempat ini. Anda akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Surfing bisa dibilang kegiatan utama di kawasan pantai Kepulauan Mentawai. Bahkan begitu populernya hingga pernah beberapa kali diadakan kompetisi surfing tingkat Internasional di tempat ini. Salah satu penyebab kenapa wisatawan menyukai surfing disini adalah karena titik surfingnya yang sangat banyak, kurang lebih 400 titik. Selain itu jenis ombaknya pun beragam, dari yang sedang hingga yang ekstrim. Sebagai kawasan kepulauan, aktivitas yang bisa anda lakukan tidak hanya berselancar. Anda juga bisa trekking menyusuri kedalaman pulau ini. Pulau ini relatif masih alami, sehingga masuk ke dalamnya anda akan melihat pemandangan hutan tropis yang lebat dan asri. Anda juga bisa bercengkerama dengan penduduk asli disana, dan memperhatikan gaya hidup mereka. Gaya hidup mereka masih sangat alami khas suku pedalaman, belum terlalu banyak campur tangan infrastruktur modern.
Pantai Kepulauan Mentawai

Kebudayaan yang sangat berbeda bisa anda rasakan di Kepulauan Mentawai. Bagaimana tidak, masyarakat asli disini belum mengenal bercocok tanam atau pembuatan logam, jadi masih terasa seperti di zaman neolitikum dulu. Daerah ini dihuni oleh mayoritas suku Mentawai, yaitu kurang lebih 30 ribu juwa. Mereka kebanyakan berasal dari Pulau Siberut. Setiap keluarga biasanya terdiri atas 5 hingga 15 orang, dan mereka tinggal di desa maupun di dalam hutan yang mereka garap.

Pantai Kepulauan Mentawai 2

Kehadiran turis asing membuat Kepulauan Mentawai dipenuhi oleh beberapa resor mewah, terutama di sekitar pantai. Jika anda ingin wisata ekslusif, anda bisa menginap di salah satu resor tersebut. Jadi sembari berselancar, anda bisa bersantai di penginapan mewah. Banyaknya wisatawan asing yang datang kesini tidak lepas dari ombaknya yang menantang. Berbagai organisasi selancar dunia menyatakan bahwa ombak di pantai Mentawai merupakan ketiga terbaik setelah ombak di Hawaii dan Tahiti. Beberapa spot surfing terfavort di Mentawai antara lain Pulau Nyangnyang, Botik, Karang Majat, Mainuk, dan Masilok. Puncak kunjungan turis biasanya di bulan Juli dan dan Agustus. Itu karena pada bulan tersebut ombak di Kepulauan Mentawai sangat tinggi,  bahkan bisa mencapai 7 meter.

Pantai Kepulauan Mentawai 3

Karena kemurnian alamnya, Pulau Siberut di Mentawai juga dimasukkan dalam daftar cagar biosfer Dunia oleh organisasi UNESCO. Pulau ini memang patut dilindungi, terutama karena ada 4 primata endemik di Pulau ini, yaitu monyet ekor babi (Simias concolor), joja atau lutung mentawai (Presbytis potenziani), siamang kerdil (Hylobates klosii), dan beruk mentawai (Macaca pagensis).

Nah, itu adala sedikit potret Keindahan Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat. Bagi anda yang ingin melihat dari dekat pantai yang mengagumkan di Mentawai, datang saja kesini.

0 komentar to “Potret Keindahan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger