Friday, November 2, 2012

Menikmati Panorama di Puncak Gunung Bromo, Jawa Timur

,

Menikmati Panorama di Puncak Gunung Bromo, Jawa Timur - Gunung Bromo adalah sebuah Gunung Berapi aktif yang berada di wilayah Jawa Timur. Gunung ini juga merupakan salah satu objek wisata paling terkenal disana. Gunung Bromo berada pada ketinggian 2.392 m di atas permukaan laut dan berada pada cakupan 4 wilayah, yaitu Kabupaten Malang, Probolinggo, Lumajang, dan Pasuruan. Gunung Bromo memiliki ciri fisik yang khas, yakni terdapat lembah dan ngarai yang saling berkaitan antara satu sama lain. Di atas Gunung Bromo terdapat kawah dengan diameter sekitar 800 m (utara-selatan), dan 600m (timur barat).

Panorama di Puncak Gunung Bromo, Jawa Timur

Berkunjung ke objek wisata Gunung Bromo memang menyenangkan. Untuk sampai ke tempat ini, anda bisa menggunakan berbagai moda transportasi. Jika anda ingin naik pesawat, anda bisa terlebih dahulu mendarat di Bandara Juanda Surabaya. Dari sana anda bisa langsung menuju objek wisata Gunung Bromo mengendarai mobil. Namun jika anda tidak ingin repot-repot, anda juga bisa menggunakan jasa agen perjalanan yang banyak menyediakan paket wisata untuk rute sekitaran Jawa Timur. Dari Bandara ke Gunung Bromo kira-kira memakan waktu kurang lebih 2 hingga 3 jam. Masih adalah beberapa rute lain yang bisa anda tempuh untuk mengakses lokasi wisata ini. Yang pertama adalah rute Pasuruan – Warung Dowo – Tosari – Wonokitri – Gunung Bromo, memiliki jarak tempuh sekitar 71 km. Kemudian Malang – Tumpang – Gubuk Klakah – Jemplang – Gunung Bromo, memiliki jarak tempuh sekitar 53. Dan Malang – Purwodadi – Nongkojajar – Tosari – Wonokitri – Penanjakan dengan jarak tempuh sekitar 83 km.

Sunrise di Gunung Bromo sangat indah. Jika anda ingin tiba disana saat matahari terbit, anda bisa membuat sedikit perhitungan atau menginap di salah satu hotel di lokasi wisata tersebut. Untuk mencapai lokasi wisata, anda bisa menggunakan jasa transportasi yang banyak tersedia di sana, salah satunya adalah mobil Jeep. Sedangkan jika anda ingin naik ke puncak Gunung sembari menikmati keindahan alamnya, anda bisa menyewa kuda. Puncak kunjungan ke Objek wisata Gunung Bromo biasanya saat ada upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Ini adalah upacara khas yang dilakukan oleh masyarakat Tengger. Upacara diselenggarakan di sebuah Pura di kaki Gunung Bromo, kemudian akan berlanjut hingga ke Puncak Gunung. Jika anda ingin melihatnya, anda harus rela bangun malam-malam karena Upacara ini dimulai saat tengah malam hingga dini hari. Upacara ini bermakna memohon kelimpahan panen, kesembuhan dari berbagai penyakit, dan menolak datangnya bala.


Berbagai kegiatan menarik bisa anda lakukan di Objek wisata Gunung Bromo. Pertama anda bisa berkunjung ke Cemorolawang, ini merupakan salah satu pintu masuk menuju taman Nasional Bromo-Semeru. Pemandangan yang menarik disini adalah hamparan laut pasir yang luas dan kawah Bromo, selain itu anda juga bisa berkemah disini. Bagi anda yang hobi berkuda, anda bisa menaiki kuda untuk berkeliling di sekitar lokasi wisata. Gunung Bromo masih sejuk dan asri sehingga sangat menyenangkan berkuda disana. Di sekitar tempat ini juga terdapat beberapa Danau yang memiliki udara sejuk dan selalu berkabut. Banyak orang yang datang kesini hanya untuk singgah sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak gunung. Intinya semua kegiatan yang berhubungan dengan hiking dan wisata alam bisa anda lakukan disini.

Akomodasi di Objek Wisata Gunung Bromo

Berkuda ke Puncak Gunung Bromo

Karena merupakan salah satu tempat wisata populer di Jawa Timur, ada banyak penginapan di sekitar tempat ini. Penginapan tersebut kebanyakan berlokasi di sekitar Taman Nasional Bromo-Semeru. Jenis penginapan juga beragam, mulai dari kelas losmen hingga hotel mewah bintang 4. Tarif menginap tidak terlalu mahal, hampir sama dengan penginapan di lokasi wisata lain. Untuk tempat makan, memang agak sulit menemukannya disini, apalagi saat malam hari. Namun anda bisa datang ke desa Wonokitri karena disana ada banyak warung makan yang masih buka hingga jam 9 malam. 

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Gunung Bromo adalah antara Bulan Juni - Oktober dan Desember - Januari. Beberapa perlengkapan seperti baju hangat, sarung tangan, penutup kepala, dan bekal makanan sebaiknya tidak anda lupakan saat naik ke Puncak Gunung.

Nah, itu adalah sedikit informasi tentang Objek wisata Gunung Bromo. Selamat berlibur!

0 komentar to “Menikmati Panorama di Puncak Gunung Bromo, Jawa Timur”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger