Thursday, October 4, 2012

Wisata Asik ke Taman Nasional Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

,

Bagi anda para pelancong, Taman Nasional Pulau Komodo mungkin akan menjadi destinasi anda berikutnya. Iya, Pulau Komodo merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia. Popularitas objek wisata ini meningkat setelah beberapa waktu lalu dinominasikan menjadi salah satu keajaiban dunia alam terbaru versi yayasan New 7 World Wonders.

Wisata Taman Nasional Pulau Komodo
Komodo merupakan sebuah pulau kecil di Nusa Tenggara yang memiliki area seluas 390 km persegi dan jumlah penduduk sekitar 2 ribu orang. Penduduk di wilayah ini terutama berasal dari dari Sumbawa, Flores, Manggara, dan Sulawesi. Taman Nasional Pulau Komodo ditemukan pertama kali pada tahun 1980an, dan saat ini merupakan salah satu lokasi yang dilindungi oleh UNESCO. Pada awalnya tempat ini semata-mata untuk melindungi spesies naga Komodo yang sangat langka. Namun seiring waktu hampir semua biota yang terdapat di wilayah ini juga dilindungi.

Akomodasi ke Pulau Komodo 

Jika anda berkunjung ke Taman Nasional Pulau Komodo, anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah sanitasi. Hampir semua desa di tempat ini memiliki air bersih, terkecuali saat musim kemarau dimana cukup sulit untuk menemukan air disini. Jika anda belum tahu tarif masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Pulau Komodo, jangan takut karena biayanya cukup terjangkau. Untuk wisatawan lokal, anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp2.500 per individu. Sedangkan untuk wisatawan asing, mereka harus membayar sebesar Rp20.000. Walaupun tiket masukknya tergolong murah, namun biaya akomodoasi lainnya bisa dikatakan cukup mahal. 

Jika anda berangkan dari luar kota, maka pertama kali anda harus singgah di Labuan Bajo. Dari sini anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan motor atau mobil menuju pelabuhan. Setelah itu anda harus sekali lagi menyewa kapal untuk menuju lokasi Taman Nasional Komodo. Rata-rata tarif ojek sekali jalan adalah Rp. 10 ribu. Jika anda ingi menyewa kendaraan seharian, maka anda perlu merogoh kocek sekitar 300-500 ribu untuk sewa mobil dan 25-150 ribu untuk motor. Wisata ke Pulau Komodo memang cukup mahal, tak heran jika kebanyakan turis asing yang datang kesana. Untuk sekali perjalanan, anda bisa menghabiskan biaya sekitar Rp. 5 juta lebih tergantung dari lamanya anda berada di sana.

Lokasi Pulau Komodo Nusa Tenggara
 
Nilai yang harus anda bayarkan sebenarnya sebanding dengan pesona Taman Nasional Pulau Komodo. Tontonan utama di tempat ini tentu saja komodo. Ini adalah hewan purba yang hanya ada di Indonesia, maka dari itu kita patut berbangga memiliki pulau Komodo. Berkat usaha yang serius dari pemerintah, kini wisatawan dapat dengan mudah berkunjung dan berkelling di sekitar kawasan ini. Komodo merupakan reptil buas yang mampu tumbuh hingga memiliki bobot 100 kilogram. 

Berada dekat dengan hewan liar yang satu ini tentu memberikan pengalaman yang berharga bagi anda. Bagi anda yang tidak puas hanya berjalan-jalan di tempat ini, anda juga bisa menyelam. Pulau Komodo tidak kalah dengan objek wisata bahari lainnya di Indonesia. Laut disini juga memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Ini karena di Pulau Komodo terjadi pertemuan antara dua perairan, yaitu perairan utara yang hangat dan perairan selatan yang dingin. Berbagai spesies terumbu karang tumbuh dengan subuh di perairan ini. Anda tidak akan menyesal menyelam di laut Taman Nasional Pulau Komodo.

Salah satu konsep wisata yang belakangan sedang gencar dipromosikan oleh pemerintah adalah Eco-wisata. Pariwisata berbasis lingkungan memang merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kelestarian bumi ini. Jika anda memiliki perasaan khawatir berada di sekitar komodo, anda sebaiknya menghilangkan perasaan itu. Pulau Komodo adalah tempat yang aman asalkan anda mau mengikuti semua petunjuk dan peraturan yang diberlakukan oleh otoritas setempat. Beberapa pantangan yang sebaiknya anda hindari saat masuk ke Taman Nasional Pulau Komodo misalnya dilarang masuk saat sedang haid atau terluka karena komodo sangat sensitif dengan bau darah.

0 komentar to “Wisata Asik ke Taman Nasional Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger