Skip to main content

Pelesir ke Objek Wisata Danau Toba, Sumatera Utara

Sumatera memiliki banyak objek wisata terkenal, salah satunya adalah Objek Wisata Danau Toba. Jika selama ini anda hanya pernah melihat Danau Toba dari Televisi, maka kami menyarankan agar anda juga berwisata ke tempat yang indah ini. Danau toba merupakan sebuah danau Vulkanik yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Danau ini memiliki panjang kurang lebih 100 km dan lebar 30 km, menjadikannya danau terbesar di Indonesia sekaligus di Asia Tenggara. Danau ini memiliki luas yang hampir sama dengan dengan luas Negara Singapura. Begitu luasnya danau ini membuatnya tidak terlihat seperti danau, melainkan lautan yang luas.

Sejarah Danau Toba

Pelesir ke Objek Wisata Danau Toba
 Di tengah danau ada sebuah pulau vulkanis yang disebut dengan Pulau Samosir. Melihat dari sejarahnya, Danau Toba terbentuk dari meletusnya gunung Toba sekitar 70 ribu tahun yang lalu. Ledakan ini begitu dahsyat sehingga mempengaruhi kondisi cuaca di seluru dunia. Sejarah mencatat bahwa hanya ada ribuan orang yang selamat dari letusan yang hebat itu. Pulau Samosir yang terdapat di dalam danau menyatu dengan dinding kaldera yang kemudian dibelah agar perahu boat bisa masuk. Dan ternyata di dalam Pulau Samosir juga terdapat 2 buah danau lain yang juga tidak kalah indah, yaitu Danau Danau Aek Natonang, dan Danau Sidihoni.

Ada beberapa keunikan tentang objek wisata Danau Toba yang mungkin ingin anda ketahui. Jika kita lihat dari posisinya yang dekat dengan garis ekuator, ada yang ganjil dengan Danau ini. Sebagian besar danau terbentuk oleh gletser. Sedangkan untuk danau yang terletak di dekat ekuator biasanya terbentuk dari bendungan sungai yang besar. Namun pada kenyataannya tidak ada satupun sungai besar yang mengalir melalui Danau Toba. Inilah yang membuat Objek Wisata Danau Toba unik. 

Danau Toba menyajikan pemandangan alam yang luar biasa, anda tidak akan menyesal berkunjung ke tempat ini. Ada berbagai hal menarik yang bisa anda lakukan di tempat ini, menikmati pemandangan di sekitar danau, melakukan wisata sejarah, spiritual, wisata kuliner, melakukan olahraga, dan masih banyak lagi. Cuaca disini masih sangat sejuk, selain itu pemandangannya juga indah dan alami dengan air danau yang jernih. Letusan Gunung Toba yang mahadahsyat beberapa tahun silam tidak lantas mematikan aktivitas di tempat ini. Justru sekarang Danau Toba semakin terkenal di mata wisatawan lokal maupun mancanegara.

objek wisata Danau Toba dan Pulau Samosir
Objek wisata Danau Toba terkenal karena bentang alamnya yang indah. Di sekeliling Danau Toba ditumbuhi dengan pohon-pohon pinus yang tertata rapi. Sedangkan di bagian pinggir danau ini terdapat beberapa air terjun yang sangat cantik. Ada satu tempat yang sebaiknya tidak anda lewatkan saat berkunjung kesini, yaitu Tanjung Unta. Lokasi ini dinamakan Tanjung Unta karena memiliki bentuk seperti punggung unta. Jika anda ingin mencoba mandi belerang, anda bisa mencoba pemandian belerang yang terdapat di pesisir danau. 

Luangkan waktu sehari saja berkunjung ke Objek Wisata Danau Toba, penat di pikiran anda pasti hilang. Danau Toba merupakan objek wisata yang family friendly. Anda bisa berkunjung kesini dengan sanak keluarga anda. Mendaki gunung, menaiki perahu layar, berenang, dan melihat air terjun adalah beberapa kegiatan menarik yang bisa anda lakukan disini

Paket Perjalanan / Travel ke Danau Toba

Saat ini sudah tersedia banyak agen travel / perjalanan yang menawarkan tour ke Danau Toba dan daerah di  sekitarnya. Jika anda tidak ingin direpotkan dengan tetek bengek akomodasi, anda bisa menggunakan jasa ini. Paket wisata juga biasanya cukup lengkap, selain Danau Toba anda bisa langsung berkunjung ke tempat wisata lain seperti Parapat, Samosir, dan Berastagi​. Harga yang ditawarkan untuk layanan ini cukup beragam, tergantung dari jenis layanan yang anda pergunakan dan juga kualitas agen travelnya. Sekali perjalanan anda bisa mengeluarkan beberapa juta rupiah. Yang harus anda perhatikan adalah service apa saja yang dimasukkan dalam paket tersebut, karena seringkali paket perjalanan tidak termasuk tiket pesawat, pengeluaran pribadi, supir, tipping guide, dsb. Nah, itu tadi sedikit info tentang objek wisata Danau Toba.

Popular posts from this blog

Sekuel Terbaru Video Mesum Ariel - Aura Kasih

Fenomena Ayam Kampus

Elang Laut, Mesin Terbang Hidup Paling Mengesankan