Wednesday, October 10, 2012

Berkunjung ke Puncak Jayawijaya (7 Summit), Papua

,

Berkunjung ke Puncak Jayawijaya (7 Summit), Papua - Bagi anda yang sedang berlibur ke Papua atau berencana ingin berlibur kesana, kami sarankan agar anda mencoba wisata ke Pegunungan Jayawijaya. Wisata hiking memang memiliki sensasi tersendiri terutama bagi anda yang belum pernah mencobanya. Pegunungan Jayawijaya adalah merupakan sebutan untuk deretan pegunungan yang membentang di sepanjang provinsi Papua Barat hingga Papua Nugini. Dulunya Pegunungan ini dikenal dengan sebutan Pegunungan Orange. Barangkali anda belum tahu, kenyataannya ini adalah deretan pegunungan tertinggi di Indonesia, yaitu 4.800 mdpl dari permukaan laut. 

Pegunungan Jayawijaya terbentuk akibat pengangkatan dasar laut. Salah satu buktinya adalah keberadaan fosil kerang kerang laut di sekitar pegunungan ini. Tidak hanya para pelancong saja yang suka datang ke tempat ini, namun para ilmuwan geologi juga banyak belajar dari Pegunungan Jayawijaya.

Hal lain yang menarik dari Pegunungan Jayawijaya adalah tertutup oleh salju abadi. Iya, ini adalah satu-satunya pegunungan di Indonesia yang tertutup oleh salju abadi. Tidak semua daerah di pegunungan ini tertutup oleh salju, namun hanya beberapa saja. Beberapa bahkan sudah menghilang akibat efek pemanasan global.

Sejarah Pegunungan Jayawijaya

Sejarah Pegunungan Jayawijaya

Melihat dari sejarahnya, Pegunungan Jayawijaya memiliki historis yang cukup panjang. Jika kita kembali ke masa silam, kita akan menemukan Benua Pangea. Ini adalah satu-satunya benua yang ada di bumi sekitar 250 juta silam. Benua ini pecah menjadi 2 bagian, membentuk Benua Eurasia dan Laurasia. Kemudian Benua Eurasia pecah lagi membentuk Gonwana yang nantinya akan membentuk Afrika, India, Amerika Selatan, dan Australia. Tumbukan atara lempeng Indo-Australia dan lempeng Indo-Pasifik merupakan cikal bakal terbentuknya Pegunungan Jayawijaya. Jadi pegunungan ini tidak terbentuk secara instan, butuh waktu berjuta-juta tahun agar bentuknya seperti Pegunungan Jayawijaya yang kita kenal sekarang.

Mengetahui begitu panjangnya sejarah Objek Wisata Puncak Jayawijaya, kita harus melestarikannya baik-baik. Puncak Jayawijaya merupakan salah satu pegunungan bersalju yang ada di garis khatulistiwa. Jika diteropong dari atas, pegunungan ini terlihat seperti karpet hitam besar dengan hiasan berwarna putih di atasnya. Jumlah es di Puncak Jayawijaya diperkirakan 5 persen dari jumlah es dunia selain benua Antartika. Jika anda ingin melihat gletser, anda bisa datang ke tempat ini. Pegunungan Jayawijaya memiliki gletser bertipe Valley Glacier, yaitu mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah. Jadi kemungkinan besar ada aliran sungai es di sekitar tempat ini. Nama populer Puncak Jayawijaya adalah Carstensz Pyramidea atau puncak Jaya. Carstensz merupakan seseorang berkebangsaan Belanda yang pertama kali menemukan tempat ini.

Hal lain yang membanggakan dari Puncak Jayawijaya adalah karena terdaftar dalam seven summit atau tujuh puncak benua. Itulah mengapa tempat ini cukup populer di kalangan pendaki dunia. Semua pendaki mulai dari amatir hingga profesional berlomba-lomba untuk menaklukkan Puncak Jayawijaya. Menaklukkan puncak gunung merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang pendaki. Apalagi kita bisa melihat momen langka yaitu salju abadi. Kapan lagi di Indonesia yang beriklim tropis kita bisa menemukan salju abadi.

foto Puncak Jayawijaya

Paket Wisata Puncak Jayawijaya

Jika anda ingin berkunjung ke Objek Wisata Puncak Jayawijaya, anda sebaiknya memakai jasa travel. Ini karena proses pendakian harus melewati proses yang cukup rumit, terutama masalah perizinan. Belum lagi masalah keselamatan karena mendaki gunung tidak sama dengan berwisata ke pantai atau tempat-tempat lainnya. Perlu persiapan matang agar tidak terjadi apa-apa selama pendakian. Memilih agen travel juga jangan sembarangan, pilihlah yang berkompeten dan berpengalaman. Agen perjalanan biasanya menyediakan 2 opsi jalur pendakian, yang pertama adalah melewat desa Ilaga, dan yang kedua adalah dengan naik helikopter menuju Bukit Danau. Jika ingin lebih nyaman, sebaiknya anda memilih opsi yang kedua.

1 komentar:

  • November 4, 2012 at 1:33 AM
    Athree says:

    Travel agency mana yg menyediakan jasa tour ke Puncak Jaya Wijaya? Ada info?
    Trims

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger