Skip to main content

Museum TNI AL Loka Jala Crana

Museum TNI AL Loka Jala Crana dibangun pada 19 September 1969 dengan nama Museum Angkatan Laut, kemudian disahkan oleh Ibu R Mulyadi. Museum angkatan laut ini didedikasikan untuk kadet angkatan laut dan sarana pembelajaran dalam hal sejarah. Seiring dengan waktu, kemudian diubah namanya menjadi Museum TNI-AL pada tanggal 10 Juli 1973, hingga akhirnya namanya menjadi Museum Angkatan Laut Loka Jala Crana pada tanggal 6 Oktober 1979. 

Museum TNI AL Loka Jala Crana ini berada Morokrembangan Surabaya, di bawah naungan Akademi Angkatan Laut dan Komando, Pendidikan & Pengembangan Angkatan Laut untuk tentara, petugas dan bintara. 

Ketika kita berada di Museum ini, kita diingatkan mengenai sejarah tentang Angkatan Laut Indonesia, yaitu tentang Revolusi Fisik, ditambah lagi museum ini memiliki koleksi yang berhubungan dengan revolusi, termasuk kapal perang dengan meriam, pesawat, helikopter, Tank Amfibi PT 76, bidang artileri dan pertahanan udara, senjata api; dari pistol kuno laras panjang sampai otomatis yang akan sangat susah anda jumpai di tempat lain. Disamping itu, ada pula miniatur KRI yang lengkap dengan bingkai cerminnya. Miniatur ini dibuat sesuai dengan armada asli yang digunakan untuk memperkuat Republik Indonesia. 

Replika kapal Dewaruci yang terkenal juga bisa anda jumpai disini, kapal layar latih yang masih beroperasi sampai sekarang. Seperti kita ketahui bahwa KRI Dewaruci difungsikan untuk melatih kadet untuk berlayar selama berbulan-bulan, hingga setelah lulus mereka akan dilepas untuk melaksanakan tugas di lautan lepas. Museum Angkatan Laut Loka Jala Crana ini bagaikan sebuah album kenangan yang berisi perjuangan Angkatan Laut Indonesia yang berjuang mempertahankan nusantara. 

Selamat berwisata ke Museum TNI AL Loka Jala Crana

Popular posts from this blog

Sekuel Terbaru Video Mesum Ariel - Aura Kasih

Fenomena Ayam Kampus

Elang Laut, Mesin Terbang Hidup Paling Mengesankan