Tuesday, June 14, 2011

Ternyata PASTA Bukan Makanan Asli dari Italia

,


Saat ini di seluruh dunia, pasta sudah diidentikkan dengan makanan Italia. Kemana pun orang Itali pergi mereka akan memperkenalkan pasta ke daerah tempat tinggal baru mereka. Tapi ternyata pasta bukan makanan asli dari Italia, lho...
Sebelumnya akan saya ceritakan sedikit tentang apa itu ‘pasta’.
Pasta adalah jenis makanan yang terbuat dari adonan tepung gandum tanpa ragi dan air. Gandum yang digunakan adalah jenis durum semolina yang dikatakan memiliki kandungan gluten cukup tinggi. Gluten ini akan mengeluarkan warna kuning dan memudahkan adonan cepat bereaksi dengan air.


Nama ‘pasta’ sendiri dipercaya berasal dari bahasa Yunani ‘pastos’ yang berarti ‘adonan’. Dalam cerita mitologi Yunani kuno disebutkan Dewa Vulcan membuat adonan dari gandung dan membuatnya menjadi tipis – setipis benang, untuk kemudian dibagikan kepada orang-orang untuk dimakan.


Bagaimana ceritanya ‘pasta’ bisa sampai ke Italia?
Salah satu teori populer yang diterbitkan oleh Journal Macaroni menyatakan bahwa pasta dibawa oleh Marco Polo ke Italia setelah kunjungannya ke Cina yang ketika itu dipimpin oleh Dinasti Yuan (1271 1368). Orang Cina sudah mengkonsumsi ‘mie’ sejak 3000 SM. Marco Polo menyebut mie Cina ini dengan nama ‘lagana’.


Namun mie di Cina berbeda dengan pasta!


Akhirnya teori ini ditentang, terlebih sebuah penelitian menemukan bahwa di tahun 1279 para prajurit di Genoa - Italia sendiri sudah mengkonsumsi pasta kering. Sementara Marco Polo baru tiba di Italia tahun 1295.


Muncul teori baru yang mengatakan bahwa orang-orang Timur Tengah (negara-negara Arab) lah yang membawa pasta ke Italia - bersama dengan bayam, terung dan tebu yang mereka bawa dari lembah Mediterania – selama penaklukan Arab Sisilia di abad ke 9.


Teori ini didukung oleh catatan sejarah pada buku sejarah Talmud, yang ditulis dalam bahasa Aram, yang menyatakan bahwa pada abad 5 terdapat resep untuk memasak pasta dengan cara direbus.


Resep ini dikembangkan di Italia sejak abad ke 12, di mana orang ketika itu akhirnya menemukan cara untuk membuat pasta kering supaya bisa lebih awet ketika dibawa bermigrasi ke daerah lain.





Hebatnya, orang Italia pintar membuat resep terbaik untuk menghidangkan pasta, sehingga orang di seluruh dunia menganggap bahwa pasta adalah makananan asli Italia (sumber: misconceptionjunction.com).


Dari manapun asalnya, yang penting dihidangkan ala italia, pasta pastinya yummmyyy….

http://cahayaku-cahayamu.blogspot.com/2011/06/ternyata-pasta-bukan-makanan-asli-dari.html

0 komentar to “Ternyata PASTA Bukan Makanan Asli dari Italia”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger