Skip to main content

Cerutu Kuba Buatan Tangan Terpanjang di Dunia


Seorang pembuat cerutu asal Kuba telah memecahkan rekor atas namanya sendiri dengan membuat cerutu terpanjang sedunia berukuran panjang 81,80 meter.

Selain Fidel Castro, sepak bola dan narkotika, negara Kuba juga terkenal dengan kualitas cerutu buatan tangannya.

Adalah seorang ahli pembuat cerutu bernama Jose Castelar Kairo (67th) dan dikenal dengan julukan ‘el cueto’, telah membuat rekor baru cerutu terpanjang di dunia sepanjang 81,80 meter (sumber: ABC.net.au).




Jose sudah mulai menggulung cerutu sejak usia 14 tahun yang ketika itu harus membantu orang tuanya sebagai penggulung cerutu. Kakek asal Villa Clara ini sebelumnya tidak pernah berpikir akan membuat cerutu-cerutu panjang ketika itu.

Namun di tahun 2001, Jose memulai rekornya sebagai pembuat cerutu panjang dengan ukuran 11,04 meter. Menyusul di tahun 2003 dia membuat rekor baru dengan membuat cerutu berukuran 14, 86. Seolah tidak puas, Jose kembali membuat rekor baru di tahun 2005 dengan cerutu berukuran 20,41 meter, berikutnya di tahun 2008 memperbaiki rekor cerutunya dengan ukuran dua kali lipat; 45,38 meter. Tahun 2011 ini, untuk kesekian kalinya Guinness World Record mencatat karya ‘el cueto’ sebagai cerutu buatan tangan terpanjang sedunia. Tapi tim pencatat record dunia ini harus bersiap-siap mendaftarkannya kembali untuk periode berikutnya, karena kakek Jose sedang mempersiapkan diri untuk mega proyek berikutnya; membuat sebuah cerutu berukuran panjang lapangan sepak bola.




“Selama el cueto masih hidup, cerutu terpanjang akan selalu ditemukan di Kuba,” kata Jose dengan bangganya.

‘el Cueto’ adalah istilah yang diciptakannya sendiri, yang mana terjemahannya adalah ‘seseorang yang prestasinya tidak bisa dilampaui oleh orang lain.’

Kalau sudah jadi cerutunya, siapa yang sanggup ‘nyedot’? Atau dipakai patungan buat para pemain bola aja...

http://cahayaku-cahayamu.blogspot.com/2011/05/cerutu-kuba-buatan-tangan-terpanjang-di.html

Popular posts from this blog

Sekuel Terbaru Video Mesum Ariel - Aura Kasih

Fenomena Ayam Kampus

Elang Laut, Mesin Terbang Hidup Paling Mengesankan