Thursday, June 9, 2011

Airport Paling diTakuti Pilot Sedunia

,


Menjadi pilot adalah salah satu cita-cita saya. Turun dari pesawat, mengenakan topi kebanggaan, kaca mata hitam, menarik tas kecil dan diikuti oleh wanita-wanita cantik berseragam pramugari... duh!


Tapi mau bilang apa, gigi saya bermasalah setelah pertandingan basket melawan juara bertahan dan ...saya tidak diterima di sekolah xxx. Sekarang saya sering merasa iri mendengar cerita-cerita hebat dari seorang paman yang kini menjadi pilot di penerbangan swasta dalam negeri.
Ternyata menjadi pilot tidaklah semudah nginjek gas mobil. Paman saya cerita, sampai saat ini dia masih suka nervez pas mau take off dan landing. "Apalagi kalau kita berada di bandara yang jarang kita singgahi, ketakutan selalu ada."

Berikut ini adalah beberapa airport yang paling ditakuti pilot sedunia (telegraph.co.uk).


Bandara Courchevel, Perancis
Bandara ini memiliki landasan pacu sepanjang 1.700 kaki yang menyerupai lereng ski. Pilot harus memilih untuk mendarat dari sisi paling rendah dan kebalikannya ketika akan take off. Untuk mendarat di bandara ini hanya pilot dengan kriteria tertentu yang diperbolehkan.



Bandara Internasional Don Muang, Thailand
Sepintas tidak ada yang aneh dari airport yang memiliki 2 landasan pacu ini. Tapi, tahukah kamu bahwa di antara kedua landasan terdapat lapangan golf 18-hole?! Entah dengan pertimbangan apa mereka membuat lapangan golf ini, tapi yang jelas, setiap pilot akan ketakutan ketika tiba-tiba ada yang berhasil 'hole in one' ke lubang mesin pesawat.



Bandara Gibraltar
Kurangnya tanah kosong di wilayah Gibraltar mengharuskan pesawat berbagi landasan dengan jalan tol umum. Pada foto di atas; sebelah kiri adalah pemandangan ketika jalan tol dipadati kendaraan lalul lalang, sebelah kanan adalah pemandangan ketika sebuah pesawat mendarat dan kendaraan harus mengalah. Apa jadinya jika ada sopir yang tidak mau mengalah?



Bandara Juancho E. Yrausquin, Antillen - Belanda
Bandara ini memiliki landasan yang cukup pendek, 1.300 kaki. Sebelum menuju ke bandara ini, tentunya pilot harus serius memerika 'kampas rem' roda pesawat dan menyediakan baju pelampung besar bagi pesawatnya jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.



Bandara Barra, kepulauan Hebridean, Skotlandia
Bandara ini tidak memiliki garis di landasan pacunya. Mubazir! Setiap kali dibuat garis akan terhapus jika air laut pasang, begitu pula dengan landasannya. Yup! Bandara yang rata-rata dikunjungi 1000 penerbangan pertahun ini berlokasi di atas pantai yang berpasir dan hanya bisa digunakan ketika air laut surut. Umumnya pilot memilih naik boat ketimbang naik pesawat untuk berlibur di kepulauan Hebridean ini.



Bandara Tenzing Hillary, Nepal
Bandara yang terletak di bagian timur wilayah Nepal ini memiliki panjang landasan 1.729 kaki, dan terletak di ketinggian 2.860 meter di atas permukaan laut. Pilot harus membuat perhitungan yang tepat sebelum take off, atau pesawatnya akan mencium kaki gunung di depannya.

http://cahayaku-cahayamu.blogspot.com/2011/02/airport-paling-ditakuti-pilot-sedunia.html

0 komentar to “Airport Paling diTakuti Pilot Sedunia”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger