Saturday, September 25, 2010

7 Ciri-ciri Orang Yang Telah Terinfeksi HIV

,



Penyakit HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah penyakit yang paling ditakuti karena belum ada vaksin atau obat yang bisa menyembuhkannya. Kenali gejala dari HIV untuk melakukan deteksi dini.

Virus yang mematikan ini akan menyerang sistem kekebalan yang membuat tubuh kehilangan kemampuan untuk melawan penyakit, sehingga tubuh lebih rentan terhadap berbagai penyakit.

Jika gejala ini tidak segera diobati, maka bisa menyebabkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) yang merupakan penyakit mematikan. AIDS timbul sebagai dampak berkembangbiaknya virus HIV di dalam tubuh manusia.

Gejala-gejala yang muncul dari HIV bisa mempengaruhi seseorang secara bertahap. Setelah virus memasuki tubuh, maka virus akan berkembang dengan cepat.

Virus ini akan menyerang limfosit CD4 (sel T) dan menghancurkan sel-sel darah putih sehingga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Setiap tahapan dari infeksi akan menunjukkan gejala yang berbeda.

Tahap awal dari infeksi virus ini biasanya tidak menunjukkan tanda-tanda atau gejala apapun, gejala baru akan muncul setelah dua sampai empat minggu setelah terinfeksi. Seseorang bisa mengeluh mengalami sakit kepala yang berat dan persisten disertai dengan demam.

Seperti dikutip Menshealth.about.com, Kamis (10/6/2010) ketika seseorang terinfeksi maka gejala awal yang muncul terkadang mirip dengan flu atau infeksi virus sedang.

Gejala dan tanda awal dari HIV termasuk demam, sakit kepala, kelelahan, mual, diare dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak atau pangkal paha.

Gejala-gejala ini hampir sama dengan infeksi virus lainnya. Karena itu banyak orang yang terinfeksi HIV tidak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi hingga bertahun-tahun sehingga mencapai stadium lanjut.

Pusat pengendalian penyakit (Center for Disease Control/CDC) mengungkapkan ada beberapa gejala yang menunjukkan stadium lanjut dari HIV yaitu:
1. Kehilangan berat badan dengan cepat tanpa adanya alasan
2. Batuk kering
3. Demam berulang atau berkeringat saat malam hari
4. Kelelahan
5. Diare yang lebih dari seminggu
6. Kehilangan memori
7. Depresi dan juga gangguan saraf lainnya.

http://wwwimage.cbsnews.com/images/2009/09/28/image5346985g.jpg
Salah satu cara untuk mendeteksinya adalah dengan mengukur jumlah sel-sel darah putih, karena biasanya seseorang dengan HIV akan memiliki jumlah sel darah putih yang kecil.

HIV bukan merupakan penyakit yang mudah untuk didiagnosis, ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu kenali gejala yang ada dan melakukan pemeriksaan ke dokter.

HIV disebabkan kebanyakan karena perilaku gonta ganti pasangan seks tanpa menggunakan kondom atau orang-orang yang memakai narkoba karena gantian menggunakan jarum suntik.

source:  http://health.detik.com/read/2010/06/10/092048/1375333/763/tanda-tanda-orang-terkena-hiv

6 komentar to “7 Ciri-ciri Orang Yang Telah Terinfeksi HIV”

  • April 30, 2012 at 12:16 PM
    Anonymous says:

    gan mohon info yg lebih jelas... Lagi, mungkin q ter infeksi.. Firus hiv.. Pertama, yg q rasa.. Cuman badan lemas.. Terus beberp hari slanjut nya q merasa gatal'' di seluruh tubuh... Sudah 3hari ini q merasa gatal terus. Dan sekarang q merasa pusing yg berat' terus tenggorokan q kering skarang... Apa q memang ter jangkit hiv... Mohon penjelasan,a? Dan kalo memang penyakit hiv ini ga bisa di obati...q minta agar bisa bertahan hidup lebih lama gmana caRANYA??? Mohon jawaban,nya y?

  • April 30, 2012 at 7:05 PM
    wahw33d says:

    gini gan, ane jelasin dikit ya.. virus HIV itu sebenernya tidak menimbulkan gejala. jadi dia hanya melemahkan system kekebalan tubuh agan. sehingga ketika agan kena suatu penyakit biasa misal kena flu, maka flu-nya itu g bakal bisa sembuh, trus kenal lagi hepatitis, maka hepatitisnya tidak akan sembuh hingga orang tersebut meninggal. jadi yang bikin meninggal bukan karena orang itu kena HIV tapi karena pengidap penyakit ke-2.

    ibaratnya klo orang sehat kena penyakit apapun maka system kekebalan tubuh akan terus berusaha untuk melawan hingga sembuh. tapi klo orang kena HIV maka tubuh diem aja g melawan sedikitpun. karena system kekebalannya sudah tidak berfungsi.

    saran dari saya. segera cek gan. nanti ada cek namanya ELISA dll. Harganya g terlalu mahal kok. buat mastikan diagnosis pasti apakah agan kena HIV ato kaga.

    semoga kaga kena gan.. :)

  • July 21, 2012 at 7:43 AM
    Anonymous says:

    gan saya bingung..ap saya terinfeksi atau tidak..
    gejala awal terinfeksi berjangka waktu berapa hari?? sampai kita tahu,,apa kita terinfeksi atau tidak..tolong penjelasannya.

  • October 6, 2012 at 2:42 PM
    Anonymous says:

    Apakah kondom adalah alat aman utk mncegah trkena hiv?

  • November 29, 2012 at 6:10 AM
    Anonymous says:

    mang sebenarnya yang membuat terinfeksi hiv itu karena anux co ap krena dari spermax sendiri kan kita hanya tau hiv karena ganti-ganti pasangan
    terus kalau mang iya juga karena itu bisa menyimpulkan gak kira-kira ampek berapa kali ganti pasangan hingga mengakibatkan hiv

  • December 18, 2012 at 2:29 AM
    Anonymous says:

    maaf mau tanya . Kalo kehilangan memory mksudnya lupaan atau menympan suatu d otak cpet hlang?

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger