Skip to main content

Goa Es Termegah di Dunia

Eisriesenwelt (bahasa Jerman untuk "Dunia Es Raksasa") adalah es di gua batu kapur alam yang terletak di Werfen, Austria, sekitar 40 km sebelah selatan Salzburg. Ini adalah gua es terbesar di dunia yang panjangnya lebih dari 42km. Meskipun gua ini disebut gua es, namun gua ini bukan gua gletser seperti yang ada dalam postingan sebelumnya.


Jalan ke mulut gua
Gua Eisriesenwelt diciptakan oleh sungai Salzach karena mengalir melalui gunung mengikis lorong-lorong hampir 100 juta tahun lalu. Selama ribuan tahun retakan dan celah-celah di batu kapur menjadi lebih terbentuk saat air mengikis batu batu lebih jauh. Di musim dingin, ketika udara di dalam gunung tersebut lebih hangat daripada udara luar, aliran udara dingin bergerak ke dalam gunung dan mengurangi suhu daerah yang lebih rendah dari gua sampai ke titik dibawah titik beku. Pada musim semi air dari pencairan salju merembes melalui celah-celah di batu dan saat mencapai daerah gua yang lebih rendah dan lebih dingin, air tersebut membeku dan perlahan berubah ke dalam formasi es yang indah di dalam gua.


Meskipun gua ini memiliki panjang 42 km, hanya kilometer pertamalah kawasan yang diperbolehkan untuk dikunjungi wisatawan, dan kawasan ini diselimuti es. Bagian gua lainnya terbentuk dari batu kapur. Karena pintu masuk ke gua ini terbuka sepanjang tahun, ketika musim dingin, angin dingin bertiup ke dalam gua dan membekukan air di dalam gua. Di musim panas, angin dingin dari dalam gua bertiup keluar gua dan mencegah formasi es mencair.


Eisriesenwelt ditemukan oleh Anton Posselt, seorang ilmuwan alam dari Salzburg, pada tahun 1879. Sebelum penemuan, gua itu hanya diketahui oleh penduduk setempat, yang percaya bahwa gua itu adalah sebuah pintu masuk ke neraka, dan mereka menolak untuk menjelajahinya. Satu tahun kemudian ia menerbitkan sebuah laporan rinci dari penemuannya di mountaineering magazine, tapi kabar gua ini kemudian menyelinap kembali ke dalam ketidakjelasan.


Alexander von Mork, sebuah speleologist dari Salzburg, adalah salah satu dari sedikit orang yang ingat penemuan Posselt itu. Dia memimpin beberapa ekspedisi ke dalam gua mulai tahun 1912, yang segera diikuti oleh penjelajah lain. Pada tahun 1920, sebuah pondok untuk penjelajah, Forscherhütte, dibangun dan rute pertama ke atas gunung didirikan. Wisatawan mulai berdatangan segera setelah itu, tertarik oleh popularitas mendadak gua. Kemudian pondok lainnya, Dr Oedl House, dan jalur dari Werfen dan Tanneck dibangun. Hari ini gua Eisriesenwelt dikunjungi oleh sekitar 200.000 wisatawan setiap tahun.





Mulut Gua dilihat dari dalam

Subhanallah

Popular posts from this blog

Sekuel Terbaru Video Mesum Ariel - Aura Kasih

Fenomena Ayam Kampus

Elang Laut, Mesin Terbang Hidup Paling Mengesankan