Tuesday, November 20, 2012

Berlibur Sambil Belajar ke Kebun Raya Bogor

,

Berlibur Sambil Belajar ke Kebun Raya Bogor - Indonesia memiliki banyak sekali Kebun Raya, salah satu yang terpopuler adalah Kebun Raya Bogor. Oleh sebab itu jangan lupa memasukkan tempat ini dalam daftar destinasi wisata anda. Apakah yang membuat Kebun Raya Bogor menarik? Tidak lain adalah karena memiliki banyak koleksi tumbuhan. Bagi anda yang sedang merencanakan wisata bernuansa pendidikan kepada putra-putri anda, maka datanglah ke tempat ini. Disini anda bisa mempelajari ribuan koleksi tumbuhan unik dan langka. Selain itu udaranya juga sangat sejuk karena berada di ketinggian, jadi anda akan merasakan sensasi yang menyenangkan saat berkeliling di tempat ini. Berbicara tentang sejarah pembentukannya, Kebun Raya Bogor sudah ada sejak lama, salah satunya tercatat pada prasasti Batutulis. Kebun Raya ini sudah ada sejak jaman pemerintahan Prabu Siliwangi sekitar tahun 1474 hingga 1513. Kebun Raya Bogor memang dibangun sedemikian rupa, jadi jangan heran jika anda melihat lokasi di dalamnya tertata sangat rapi.

Objek Wisata Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan hutan buatan yang difungsikan untuk menjaga kelestarian alam beserta flora yang terdapat di dalamnya. Pembangunan tempat ini bermula saat Gubernur Jendral van Imhoff ingin tempat istirahat yang asri dan memiliki hawa sejuk. Kemudian pada tahun 1745 ia mencari-cari hingga  menemukan sebuah bukit yang ia sebut Buitenzorg. Pada area ini ia membangun tempat beristirahat yang merupakan cikal bakal berdirinya Kebun Raya Bogor. Ada banyak pihak yang berjasa dalam pembangunan tempat ini, diantaranya adalah Baron van der Capellen, Thomas Stamford Raffles, dan Willem Daendels. Kompleks Kebun Raya Bogor diresmikan oleh Gubernur Jenderal van der Capellen pada tahun 18 Mei 1817, dan mengalami banyak perkembangan sejak saat itu. Peresmiannya ditandai dengan menancapkan ayunan cangkul pertama. Pembangunan yang cukup pesat terjadi pada saat dipimpin oleh Reinwardt, saat itu ia banyak mengumpulkan benih tumbuhan dari berbagai tempat di Indonesia untuk ditaman di Kebun Raya Bogor.

Objek Wisata Kebun Raya Bogor 2

Saat ini, Kebun yang memiliki luas 87 hektar ini sudah memiliki sekitar 3.441 jenis tumbuhan, yang berasal dari 1.265 marga, dan 220 famili. Dengan begitu banyak koleksi yang terdapat di dalamnya, tak heran jika Kebun Raya Bogor menjadi salah satu Kebun Raya Botani terbaik di dunia. Berwisata ke Kebun Raya Bogor selain kaya akan unsur edukasi juga sangat terjangkau. Disini tidak ada wahana yang bisa menguras kantong. Cukup membayar tiket masuk seharga Rp. 10.000,- rupiah anda sudah bisa mengajak putra-putri anda untuk datang kesini. Berbagai kegiatan keluarga bisa anda lakukan disini, misalnya mengelilingi kompleks perkebunan sambil mempelajari berbagai spesies tumbuhan yang terdapat disana. Anda juga bisa mengitari kawasan ini dengan mobil pribadi atau menyewa mobil yang sudah disediakan oleh pengelola setempat. Ada banyak tempat yang bisa anda kunjungi di sekitar kompleks Kebun Raya Bogor , seperti Laboratorium Botani, Laboratorium Farmasi, Laboratorium Kimia, Museum, Perpustakaan Fotografi, Herbarium, dan Kebun Percobaan.

Objek Wisata Kebun Raya Bogor 3

Untuk menyusuri Kebun Raya Bogor, anda memiliki 4 pilihan rute. Yang pertama adalah melalui gerbang utama - jalan kenari - di perempatan pertama belok kiri. Pada jalur ini anda akan menemukan banyak pohon kenari. Sepanjang rute ini anda akan menemukan Laboratorium Treub, bunga bangkai yang merupakan maskot Kebun Raya Bogor, dan Istana Bogor.  Rute kedua adalah dari Jalan Kenari I, anda berbelok ke kanan. Di sepanjang rute anda akan menemukan pohon kempas, koleksi pandan yang indah, jembatan di atas Sungai Ciliwung, Kolam Victoria. Rute ketiga adalah mengikuti rute kedua, namun saat sampai di Blok I, anda harus lurus menuju Taman Meksiko. Dan rute keempat dimulai dari Cafe Botanicus - mengikuti Jalan Astrid - lanjut ke jalan beraspal dengan rumput di sampingnya. Setiap rute memiliki kekhasannya masing-masing sehingga sayang untuk dilewatkan.

Objek Wisata Kebun Raya Bogor 4

Nah, itu adalah sedikit informasi tentang Objek Wisata Kebun Raya Bogor. Selamat berlibur!

0 komentar to “Berlibur Sambil Belajar ke Kebun Raya Bogor”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger