Saturday, July 14, 2012

Menu Hidangan Dari Daging Khas Korea Selatan

,

Daging menjadi bahan utamanya. Orang-orang Korea mengolah berbagai jenis daging dari ayam, sapi, ikan, sampai babi sebagai santapan. Bahkan, daging anjing pun sering dimasak saat musim panas untuk menambah daya tahan tubuh dan meningkatkan fungsi seksual.
Cara memasaknya berbeda-beda dengan cita rasa yang tentunya memiliki karakter tersendiri. Kebanyakan diolah dengan dibakar dan direbus atau dibuat sebagai sop. Tampilannya menggugah selera dan menggiurkan, lihat saja makanan khas Korea berbahan daging di bawah ini:
1. Makchang gui


Hidangan Korea ini dibuat dari usus besar babi atau sapi yang dipanggang di atas bara api. Dimakan dengan saus doenjang dan daun bawang cincang, Makchang gui memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Orang Korea biasanya menyantapnya dengan minuman beralkohol.

2. Dak Galbi


Dak Galbi merupakan satu dari beberapa makanan populer di Korea Selatan. Makanan ini terbuat dari potongan ayam berbentuk dadu yang direndam dalam pasta cabai. Cara memasaknya ditumis dengan campuran kubis, ubi jalar, daun bawang, bawang bombay, dan kue beras.
Pertama kali, Dak Galbi muncul di tahun 1960 dan banyak disantap di warung kecil di pinggiran kota. Tahun 1970, makanan ini populer di kalangan mahasiswa karena harganya yang murah.
3. Galbi


Bahan utamanya daging sapi yang dimarinet berbumbu kecap, bawang putih, dan gula, tapi ada pula yang mencampurkan minyak wijen, anggur, dan pasta cabai. Saat dimasak, daging akan diiris tipis-tipis agar cepat dalam proses memasak dan mudah dimakan dengan sumpit.
Galbi biasa dimasak di atas meja makan dan disandingkan dengan selada, perilla, atau sayuran berdaun lainnya. Cara menyantapnya, daging akan dibungkus sayuran tadi, lalu dicelupkan ke dalam ssamjang yaitu saus dari fermentasi kacang dan pasta cabai merah.
4. Samgyeopsal


Samgyeopsal adalah makanan populer di Korea yang biasa disantap saat makan malam. Bahan bakunya irisan tebal daging babi yang berlemak. Daging tidak dimarinet atau dibumbui, tapi langsung dipanggang di atas meja makan dan langsung dimakan.
Samgyeopsal termasuk menu yang berharga mahal dan menurut sebuah survey, sekitar 85% orang dewasa di Korea sangat menyukai Samgyeopsal. Dari jumlah tersebut, sekitar 70% menikmati menu ini satu kali dalam seminggu.
5. Bulgogi


Bahan baku utamanya adalah daging BBQ sapi, ayam, atau babi yang dimarinet. Proses marinet diperlukan agar bumbu-bumbu seperti kecap, minyak wijen, gula, bawang putih, merica, daun bawang, dan bumbu lainnya meresap ke dalam daging.
Umumnya, Bulgogi yang dipercaya sudah ada sejak  tahun 37 SM ini, dimasak dengan cara dipanggang. Tapi, ada juga yang digoreng dengan mencampurkan langsung bawang putih, bawang bombay, dan paprika.
6. Hoe


Merupakan hidangan makanan mentah yang terbuat dari irisan daging ikan atau binatang laut lainnya, mirip dengan sashimi. Dibungkus dengan daun selada atau perilla, Hoe dinikmati dengan celupan saus pedas gochujang dan wasabi.
7. Sannakji



Gurita kecil yang masih hidup dipotong kecil-kecil lalu langsung dimakan, bahkan ada pula yang menyantapnya utuh. Bumbu Sannakji hanya biji wijen dan minyak wijen.
Karena masih dalam keadaan hidup sering kali orang akan tersedak dan merasakan ada yang menggeliat di tenggorokkannya. Makanya, tips untuk makan Sannakji adalah dengan mengunyahnya biar terpotong-potong, lalu baru ditelan.

7 komentar to “Menu Hidangan Dari Daging Khas Korea Selatan”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger